Senin, 22 Oktober 2018
Peristiwa - Daerah

Wujud Kepedulian Lingkungan, Puluhan Nelayan Kalimireng Tanam Mangrove

Wujud Kepedulian Lingkungan, Puluhan Nelayan Kalimireng Tanam Mangrove Nelayan berbaur bersama warga ketika menanam mangrove di Teluk Kalimireng, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia).
Jum'at, 13 Juli 2018 - 08:53

TIMESINDONESIA, GRESIK – Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekitar, puluhan nelayan Kalimireng serta kelompok masyarakat pengawas Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menanam ribuan mangrove di Teluk Kalimireng, Pesisir Selat Madura.

Ketua Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Kalimireng, Manyar, Isharul Munir mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan lingkungan yang hijau. 

Penanaman mangrove sendiri kata Isharul didapat dari Dinas Perikanan Pemkab Gresik. "Kita dapat 6.500 bibit mangrove untuk ditanam di lahan satu hektare di sekitar Kalimireng, Manyar," katanya, Jumat (13/7/2018). 

Dia menjelaskan, saat ini populasi mangrove yang di area Kecamatan Manyar berkurang. Itu karena banyaknya industrialisasi yang masuk, akibatnya lahan penghijauan mangrove ditebang dan dijadikan lahan industri. 

Nelayan2.jpg

Penebangan mangrove sendiri, dijelaskan Isharul sangat berdampak pada nelayan. "Misalnya sisa penebangan itu menganggu saat nelayan mau mencari ikan, selain itu populasi ikan berkurang,"  tutur dia. 

Maka dari itu, dirinya mengajak kepada masyarakat, khususnya warga Manyar serta pemuda sekitar agar turut serta melakukan penghijauan dengan cara menanam mangrove. 

"Juga agar bisa menyerap polusi yg di hasilkan industri industri sekitar Kalimireng," tambah dia. 

Sebelumnya, nelayan Kalimireng, Manyar dan Pokmaswas juga melakukan pananaman mangrove dengan bibit hasil bantuan dari Dinas Perikanan Jatim serta menggandeng Satpol Air Polda Jatim. Itu dilakukan dengan tujuan penghijauan di wilayah Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik(*)

Jurnalis : Akmalul Azmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Gresik

Komentar

Registration