Ketahanan Informasi Amazing Blitar

Dorong Amazing Blitar, Pemkab Wujudkan Indonesia Emas 2045 via Pendidikan Karakter

Dorong Amazing Blitar, Pemkab Wujudkan Indonesia Emas 2045 via Pendidikan Karakter Pengukuhan 1500 siswa sebagai duta karakter oleh Pemkab Blitar. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Kamis, 17 Mei 2018 - 09:24

TIMESINDONESIA, BLITARPemkab Blitar mengukuhkan duta karakter. Pengukuhan ini sebagai bentuk impelementasi  penerapan pendidikan karakter sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Presiden (Perpres) No.87 Tahun 20017 tentang Penguatan Karakter. Karena dengan terbentuknya karakter generasi bangsa yang kuat, akan mendorong terwujudnya Amazing Blitar.

Dengan adanya launching duta karakter, maka satu tahun sebelum deadline pendidikan karakter di Kabupaten Blitar sudah diterapkan dan dimasukkan dalam kurikulum pendidikan.

Hal ini mengemuka pada kegiatan Pengukuhan Duta Karakter di Alun-alun Kanigoro, yang dipimpin langsung oleh Bupati Blitar.

"Dengan launching duta karakter, diharapkan semua pihak bisa terlibat. Mulai dari peran orang tua, masyarakat, guru dan pemerintah. Artinya semua pihak memiliki peran masing-masing dalam mewujudkan pendidikan karakter," ucap Rijanto, Kamis (16/2018).

Menurut Rijanto, jika semua kompak, pendidikan karakter bisa berjalan sehingga kedepan cita-cita Indonesia emas bisa terwujud pada 2045.

Pengukuhan-2.jpg

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Drs. Budi Kusumardjoko, M.Pd menyampaikan, sekitar 1500 pelajar dilantik menjadi duta karakter periode 2018-2019.

"Ini merupakan tahap awal. Artinya kedepan ditambah lagi dan duta karakter yang dikukuhkan saat ini diseleksi untuk menjadi duta karakter tingkat nasional bahkan internasional. Tahun ini masih pilot project terkait duta karakter," kata Budi.

Ada beberapa point yang diajarkan terkait pendidikan karakter Yakni religious yang intinya untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain menanamkan jiwa nasionalisme agar generasi muda mencintai bangsanya sendiri juga  diajarkan kemandirian.

"Tujuannya agar generasi muda tidak tergantung kepada orang lain. Gotong royong juga harus digalakkan kembali. Tujuannya tetap menjunjung tinggi semangat kebersamaan. Dan yang terakhir yakni integritas atau kejujuran," imbuhnya.

Dalam pendidikan karakter ada 18 indikator yang kemudian dirangkum menjadi lima poin. Untuk itu semua pihak diharapkan mendukung dan terlibat sesuai peran masing-masing, agar pendidikan karakter terwujud.

Untuk diketahui sekitar 20% dari seluruh pelajar tingkat SD dan SMP se- Kabupaten Blitar resmi dikukuhkan sebagai pelajar duta karakter. Amazing Blitar cepat terwujud dengan mengungukuhkan 1500 siswa SD dan SMP sebagai duta. Mereka inilah yang  ditugaskan menjadi contoh atau teladan kepada semua siswa tentang pendidikan karakter. (*)

Jurnalis : Lilis (CR-099)
Editor : AJP-6 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration