Peristiwa - Internasional

Puluhan Pemuda Palestina Tewas Kena Drone Bomb Israel, Ini Respons Hayono Isman

Puluhan Pemuda Palestina Tewas Kena Drone Bomb Israel, Ini Respons Hayono Isman Drone Bomb tentara Israel diledakkan di udara. Akibat bom dan tembakan militer Israel puluhan pemuda Palestina tewas.. (FOTO-FOTO: Reuters)
Kamis, 17 Mei 2018 - 07:56

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum PPK Kosgoro Hayono Isman mengecam keras tindakan keras pasukan Israel ke warga Palestina dalam demo usai pembukaan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Yerusalem, Senin (14/5/2018) lalu. Dalam demo ini, pasukan Israel membom peserta aksi dengan menggunakan drone bomb Israel dan sniper militernya. Akibatnya dipastikan 60 orang tewas, 8 di antaranya berusia di bawah 16 tahun, dan ribuan lainnya terluka.

’’Tindakan ini benar-benar telah melanggar hak asasi manusia (HAM) dan konvensi Jenava. Tidak sepantasnya militer menyerang sipil, apalagi dengan senjata berat. Ini tindakan tak berperikemanusiaan,’’ tandas Hayono.

Seperti diketahui, dalam bentrokan dengan warga sipil Palestina, militer Israel menggunakan senjata drone bom yang dipakai untuk menyerang pengunjuk rasa Palestina. Drone bomb ini bisa melaju hingga 177 kilometer per jam.

dround-bom-israel.jpg

Dikutip dari Daily Mirror, drone bomb diarahkan ke demosntran Palestina dan melepaskan bom gas air mata ke arah sipil Palestina. Akibat bom ini, puluhan warga Palestina tewas dan ribuan luka-luka. Kejadian ini dinilai aksi yang paling mematikan di antara pengunjuk rasa dengan Israel sejak kali terakhir terjadi pada 2014. 

Peristiwa ini menurut Hayono sebagai tindakan yang tidak manusiawi. Apalagi banyak anak-anak di bawah umum yang menjadi korban kebrutalan tentara Israel ini. ’’Ini masuk kategori kejahatan kemanusiaan terbesar tahun ini,’’ ucap Hayono.
Putra Pahlawan Nasional Mas Isman ini juga menambahkan, kejahatan terbesar ini sangat melukai umat Islam di seluruh dunia. Termasuk Indonesia. Apalagi ini menjelang bulan suci Ramadhan.

israel.jpg

Serangan militer Israel itu, sambung Hayono, tidak hanya melukai hati muslim Palestina, tapi juga muslim seluruh dunia. Termasuk muslim Indonesia. ’’Kami para pengurus Kosgoro dan jutaan kader Kosgoro di seluruh Indonesia sangat mengutuk keras aksi ini. Baik sebagai muslim, maupun sebagai sesame manusia,’’ tandas Hayono.

Ia pun berharap pemerintah Indonesia menyatakan sikap tegas mengutuk peristiwa ini. ’’Sebagai negara dengan penduduk Islam terbesar di dunia, Indonesia harus bersikap tegas atas peristiwa ini. Mereka yang jadi korban adalah saudara-saudara kita sesame muslim,’’ ujarnya.

Hayono Isman pun mengecam penggunaan senjata berat dari miloter Israel seperti drone bomb ini dalam bentrokan di Gaza. Apalagi yang dihadapi adalah warga sipil. (*)

Jurnalis : Abdul Lathif
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration