Peristiwa Nasional

Bertemu AMSI, Moeldoko Harapkan Jembatan Komunikasi Pemerintah dengan Publik

Kamis, 12 Juli 2018 - 23:01 | 77.09k
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat bertemu dengan sejumlah pimpinan media online yang tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI - amsi.or.id) (FOTO: Istimewa)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat bertemu dengan sejumlah pimpinan media online yang tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI - amsi.or.id) (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKepala Staf Kepresidenan Moeldoko bertemu dengan sejumlah pimpinan media online yang tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI - amsi.or.id) di Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Rabu (11/72018).

Dalam pertemuan itu, dia berharap, menjamurnya media siber di Indonesia membawa dampak positif sebagai jembatan dan saluran komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat. 

Moeldoko juga memaparkan berbagai kebijakan pemerintahan Presiden Jokowi. Diantaranya gencarnya pembangunan infrastruktur dalam tiga tahun pertama masa pemerintahan.

“Pembangunan infrastruktur ditujukan untuk membantu daerah pinggiran, agar tidak lagi mendapatkan barang dengan harga mahal,” papar Panglima TNI 2013-2015.

Moeldoko menyatakan, kini masyarakat di perbatasan pun menyadari makna ‘negara hadir’. “Dengan dampak positif dari pembangunan infrastruktur, mereka merasa sebagai bagian dari Indonesia,” papar mantan Wakil Gubernur Lemhanas ini.

Ditegaskan, mulai 2019, pemerintah akan melakukan pergeseran dari pembangunan infrastruktur menjadi pembangunan sumber daya manusia (SDM). “Pembangunan SDM sangat penting untuk mewujudkan manusia unggul di percaturan global yang sangat kompetitif ini,” jelas Doktor Ilmu Administrasi dari Universitas Indonesia ini.

AMSI-Moeldoko-2.jpg

Dalam kesempatan ini, Moeldoko pun memaparkan tugas-tugas Kantor Staf Presiden yang dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden No. 26/2015. KSP berfungsi untuk mengelola isu-isu strategis, memonitor kinerja kementerian dan lembaga, serta membangun komunikasi politik. “KSP tidak mengelola politik praktis," tegasnya. 

Pada kesempatan ini, Kepala Staf Kepresidenan dan AMSI sepakat bersama-sama memerangi berita palsu atau hoaks. “Hoaks berujung memecah belah masyarakat. Akibatnya kepercayaan publik pada pemerintah berkurang," kata Moeldoko.

Ketua AMSI Wenseslaus Manggut mendukung upaya ini. “Kami sudah membuat cekfakta.com sebagai sarana untuk mengklarifikasi berita palsu yang berkembang di masyarakat,” papar jurnalis senior ini. 

Kantor Staf Presiden dan Aliansi Media Siber Indonesia juga sepakat untuk bersama-sama menyukseskan dan menggaungkan Asian Games 2018. Terutama berbagai pemberitaan positif terkait pesta olahraga antar negara Asia yang berlangsung 18 Agustus – 2 September 2018 itu.

Selain Wens dari Kapan Lagi Netwok, pertemuan ini dihadiri para pemimpin media siber antara lain Metta Dharmasaputra (Katadata.co.id), Wisnu Nugroho (kompas.com), Wahyu Dhyatmika (Tempo.co), Iin Yumiyanti (Detik.com) Citra Dyah Prastuti (KBR), Gaib. M. Sigit (MNC Trijaya), Ronny Kusuma (cumicumi.com). 

Hadir pula anggota AMSI yang lain dalam pertemuan dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko itu, yakni Rahayuningsih (bisnis.com), Ismoko Widjaya (dream.co.id), Sapto Anggoro (Tirto.id), Adi Prasetya (BeritaSatu.com), Yatimul Ainun (Timesindonesia.co.id), M. Teguh (Liputan6.com), Dwi Eko Lokononto (Beritajatim.com), Yusro Santoso (Beritagar.id), Suwarjono (suara.com), Erik Somba (Validnews.co), Hasbi Maulana (Kontan.co.id), Nathalia (Jakarta Globe) dan Nuruddin Lazuardi (kriminologi.id). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES