Indonesia Positif Universitas Islam Malang

PSM Bunga Almamater Unisma Malang Gelar Pelatihan Notasi

Kamis, 12 Juli 2018 - 22:22 | 134.13k
Pelatihan Notasi Balok dan Kelas Apresiasi, Minggu (25/7/2018). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Pelatihan Notasi Balok dan Kelas Apresiasi, Minggu (25/7/2018). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Paduan Suara Mahasiswa “Bunga Almamater” Unisma Malang melaksanakan kegiatan tahunan Pelatihan Notasi Balok dan Kelas Apresiasi, Minggu (25/7/2018). Kegiatan ini merupakan program kerja dari bidang pelatihan. 

Kegiatan yang bertema Mengembangkan Potensi Diri untuk Menciptakan Kualitas Chorister Bertaraf Internasional tersebut di ikuti oleh 41 peserta dan 33 panitia penyelenggara acara. 

Ketua pelaksana kegiatan Pelatihan Notasi Balok dan Kelas Apresiasi, Yossi Hudaya Putra menjelaskan tujuan diadakannya Pelatihan Notasi Balok dan Kelas Apresiasi ini agar dapat meciptakan chorister handal. 

Unisma-2.jpg

"Handal dalam memahami notasi balok, teknik bernyanyi yang benar serta hal lain yang berhubungan dengan paduan suara," kata Yossi.

Namun, ia menambahkan kehandalan itu tentunya harus dimulai dari diri masing-masing individunya, dengan meningkatkan diri dalam kepaduan suaraan sehingga siap untuk menciptakan kualitas chorister bertaraf internasional.

Pelatihan Notasi Balok dan Kelas Apresiai ini memberikan dua materi sekaligus untuk peserta maupun panitia penyelengara acara, materi yang pertama yakni materi notasi balok yang disampaikan oleh Jihan Farah Zakia, S.Si. yang juga merupakan anggota istimewa dari Paduan Suara Mahasiswa “Bunga Almamater” Unisma Malang. 

Ia menjelaskan materi notasi balok tersebut bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara membaca notasi balok dengan benar, dapat mengartikan simbol-simbol yang ada dalam partitur sebagai bekal untuk mempelajari partitur dan juga sebagai bekal untuk mengikuti prosesi wisuda, maupun kompetisi paduan suara.

Kemudian materi yang kedua yakni kelas apresiasi, dimana materi tersebut disampaikan langsung oleh pelatih dari Paduan Suara Mahasiswa “Bunga Almamater” Unisma Lucky Agus Saputra. 

Materi kelas apresiasi ini mencakup bagaimana cara bernyanyi dengan benar. Seperti bagaimana cara atau teknik menarik dan menghembuskan nafas dengan benar ketika akan bernyanyi, pernafasan bagian mana yang dipakai ketika bernyanyi, kemudian bagaimana membuka mulut dan pengucapan syair dengan benar tanpa melukai tenggorokan.

Lucky juga memberikan penjelasan tentang bagaimana postur tubuh yang baik ketika bernyanyi. Lalu diberikan pula praktek-praktek sebelum bernyanyi seperti pemanasan fisik, breathing dan juga vocalizing.

Kedua materi diikuti dan dipahami seksama dengan baik oleh peserta dan panitia penyelenggara acara, mereka tidak bosan mengikuti serangkain materi demi materi karena pada masing-masing materi diselingi games yang tentunya games tersebut mengarah pada isi dari materi yang diberikan.

Pelatihan Notasi Balok dan Kelas Apresiasi oleh Paduan Suara Mahasiswa “Bunga Almamater” Unisma Malang tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES