Peristiwa Daerah

Probolinggo-Pamekasan Cuma 1 Jam dengan Kapal Srikandi Marina

Kamis, 12 Juli 2018 - 20:54 | 118.90k
Peluncuran kapal cepat Probolinggo-Pamekasan di Pelabuhan Tanjung Tembaga (FOTO: Humas Protokol)
Peluncuran kapal cepat Probolinggo-Pamekasan di Pelabuhan Tanjung Tembaga (FOTO: Humas Protokol)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Rute Probolinggo-Pamekasan, Jatim, kini bisa ditempuh dengan 1-1,5 jam saja dengan Kapal Srikandi Marina, Kapal cepat ini diluncurkan Kamis (12/7/2018) oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo.

Rencananya, kapal dengan kapasitas 70 orang ini mulai dioperasikan 16 Juli mendatang dengan tarif Rp 125 ribu/orang. Kepala Dishub Kota Probolinggo, Sumadi menyatakan, kapal cepat seperti ini sudah kedua kalinya di Probolinggo. 

Sebelumnya pada tahun 2008, kapal serupa pernah digagas di era Wali Kota HM Buchori. Namun sayangnya tidak berjalan lancar. 

“Mudah-mudahan trayek lintas pelayaran Pamekasan-Probolinggo bisa berjalan lancar. Ini sejarah baru yang diulangi. Mudah-mudahan kegagalan itu tidak terulang dengan evaluasi yang sekarang,” katanya. 

Sumadi berharap, trayek ini bisa lebih memfasilitasi masyarakat dan mendukung pariwisata yang ada di Probolinggo, serta berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Ia yakin sebelum trayek ini diluncurkan, pihak Srikandi Marina sudah melakukan kajian dan survey yang jelas, berkoordinasi baik dengan masyarakat agar tidak terjadi ketersinggungan. 

“Kami berharap, kami berdoa bisa berjalan dengan baik. Kegagalan yang dulu tidak terjadi lagi. Insyaallah ke depan ini lebih baik, bermanfaat bagi masyarakat Pamekasan-Probolinggo, silaturahmi semakin erat, perekonomian dan pariwisata dapat berkembang lagi,” tutur Sumadi. 

Meski tidak punya kewenangan, Dishub Kota Probolinggo akan melakukan pembinaan, siap mendukung operasional dengan menyebarluaskan informasi keberadaan trayek kapal cepat ini. 

Sementara itu, Kabid Perhubungan Laut dan LLASDP Dishub Jatim, Nyono, menegaskan bahwa pengoperasian trayek lintas pelayaran Pamekasan-Probolinggo merupakan program inovasi di bidangnya. 

Dishub Provinsi Jatim menyediakan pelayaran kapal cepat dengan harapan muncul pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat karena mobilitas masyarakat tidak terhambat. 

Nyono menceritakan, dengan trayek ini ia ingin memberikan transportasi yang mudah bagi warga Pamekasan yang punya anak sedang mondok di daerah Probolinggo, Pasuruan, Situbondo atau daerah sekitarnya. 

“Kami mencoba pangsa pasar itu. Karena dari pada harus memutar ke Surabaya masih butuh waktu beberapa jam. Kalau kapal cepat hanya 1,5 jam saja ke Probolinggo,” terangnya. 

Operasional kapal cepat Probolinggo-Pamekasan, dilakukan setiap hari dan akan dievaluasi selama 1-2 bulan. Untuk meminimalisir kegagalan operasional kapal cepat di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Dishub Jatim sudah menyiapkan strategi. Yaitu, membantu promosi Kapal Srikandi Marina dalam pelayanan reguler. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES