Kesehatan

Agar Tubuh Tetap Bugar, Ini Suplemen yang Baik Dikonsumsi saat Puasa

Agar Tubuh Tetap Bugar, Ini Suplemen yang Baik Dikonsumsi saat Puasa Puasa. (FOTO: BersamaDakwah)
Kamis, 17 Mei 2018 - 04:21

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak dapat dimungkiri, selama bulan puasa tubuh rentan kekurangan zat gizi. Pasalnya, waktu untuk mendapatkan asupan nutrisi jadi terbatas. Untuk menyiasati kemungkinan kekurangan berbagai zat gizi tersebut serta agar tubuh tetap bugar selama puasa Ramadhan, Anda dapat mengonsumsi suplemen kesehatan. Dilansir dari Klik Dokter, berikut ini adalah beberapa jenis suplemen yang baik dikonsumsi saat puasa.

1. Suplemen yang mengandung vitamin C

Bila Anda sibuk dan memiliki banyak kegiatan selama bulan puasa, Anda dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit. Anda dapat memilih suplemen yang mengandung vitamin C dengan dosis 500-1000 mg.

2. Suplemen yang mengandung multivitamin

Anda juga memerlukan berbagai vitamin lainnya seperti vitamin B1, B6, dan B12. Untuk mencukupi kebutuhan akan beragam vitamin ini, Anda dapat mengonsumsi suplemen dengan kandungan multivitamin yang lengkap. Vitamin merupakan mikronutrien yang diperlukan dalam jumlah sedikit tetapi sangat penting bagi tubuh.

3. Suplemen yang mengandung mineral

Mineral memiliki peran penting bagi tubuh. Mineral seperti zink, magnesium, selenium, kalsium, dan fosfor, semuanya penting untuk menjaga kelangsungan berbagai jalur metabolisme dalam tubuh. Tanpa mineral-mineral tersebut, metabolisme tidak akan berjalan baik. Akibatnya, tubuh pun akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, Anda harus memastikan asupan mineral tetap terjaga selama bulan puasa.

4. Suplemen yang mengandung asam lemak esensial

Asam lemak esensial seperti omega-3 sangat penting bagi tubuh untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. American Heart Association menganjurkan setiap orang mengonsumsi asam lemak esensial omega-3 setidaknya 100 gram sebanyak dua kali seminggu. Untuk mencapai jumlah tersebut, Anda dapat mengonsumsi ikan atau suplemen yang mengandung minyak ikan.

Meski penting, Anda tidak harus mengonsumsi suplemen kesehatan saat puasa. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui jenis suplemen yang baik dikonsumsi saat puasa dan tepat untuk kondisi Anda. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration