Kesehatan

Jangan Asal Makan Sahur, Ini Tips Sehat saat Sahur

Jangan Asal Makan Sahur, Ini Tips Sehat saat Sahur Sahur. (FOTO: Lifestyle Okezone)
Kamis, 17 Mei 2018 - 02:24

TIMESINDONESIA, JAKARTAMakan sahur menjadi bagian penting saat menjalankan puasa Ramadhan. Makanan sahur yang tepat akan mendukung lancarnya puasa, lho. Karena itu perhatikan asupan makanan Anda saat makan sahur ya. Agar sahur Anda bermanfaat, yuk simak tips sehat saat sahur berikut ini, dilansir dari Dokter Sehat.

1. Tidak mengonsumsi makanan tinggi kalori mendekati waktu tidur

Agar asupan makan sahur maksimal, jika Anda ingin makan malam, usahakan untuk makan 3-4 jam sebelum waktu tidur ya. Pilih makanan yang tidak memiliki banyak kalori seperti roti gandum, protein hewani, dan nabati serta buah dan sayur ketimbang makanan berlemak dan manis untuk makan malam.

Hal ini penting karena jika Anda mengonsumsi makanan dengan banyak kalori sebelum tidur maka kemungkinan Anda masih merasa kenyang atau malas bangun untuk makan sahur.

2. Konsumsi camilan tinggi serat sebelum makanan utama

Konsumsi camilan tinggi serat seperti kacang edamame, kedelai rebus atau konsumsi sup sayur saat sahur akan membantu asupan gizi tercukupi selama puasa.

Usahakan Anda tidak bangun sahur terlalu berdekatan dengan saat imsak agar ada jeda antara konsumsi camilan dengan makan utama.

3. Konsumsi makanan utama bergizi seimbang

Setelah camilan, pastikan makanan utama sahur Anda terdiri dari asupan gizi yang lengkap. Sediakan sumber karbohidrat seperti nasi, roti, lauk hewani dari daging, telur atau ayam, lauk satu porsi lauk nabati, dan jangan lupa sayur.

4. Hindari metode masak yang berlemak

Hindari memilih camilan sebelum makan utama berupa gorengan, misalnya tahu isi goreng atau lumpia goreng. Selain itu, jangan memilih sumber karbohidrat yang diolah dengan lemak misalnya nasi goreng atau olahan nasi dengan tambahan lemak atau santan lainnya.

Konsumsi makanan tinggi lemak, utamanya saat sahur akan memperberat metabolisme tubuh. Karena itu, konsumsi makanan tinggi lemak sangat tidak dianjurkan.

5. Pilih minuman sehat

Minuman yang baik dikonsumsi saat puasa adalah minuman yang mampu menghidrasi tubuh. Air putih atau jus dari buah tinggi cairan dan serat bisa jadi pilihan yang tepat. Selain mampu menghidrasi tubuh konsumsi keduanya juga akan meningkatkan asupan serat sehingga tubuh akan kenyang lebih lama.

Hindari konsumsi minuman dengan banyak gula atau minuman berkafein karena dapat menyebabkan tubuh merasa cepat lemas serta menimbulkan gangguan pola tidur atau gangguan kesehatan misalnya peningkatan tekanan darah.

Berdasarkan penjelasan tips sehat saat sahur di atas, jangan asal-asalan saat makan sahur. Perhatikan asupan gizi dan faktor lain agar Anda bisa lancar menjalankan ibadah puasa Ramadhan ini. (*)

Jurnalis : Tria Adha
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration