Ekonomi

Penjualan Seragam di Pasar Tanjung Jember Meningkat, Ini Pemicunya

Penjualan Seragam di Pasar Tanjung Jember Meningkat, Ini Pemicunya Salah satu pembeli seragam di Pasar Tanjung, Jember, Jawa Timur. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
Kamis, 12 Juli 2018 - 19:53

TIMESINDONESIA, JEMBER – Menjelang tahun ajaran baru 2018, penjualan seragam di Pasar Tanjung Jember, Jawa Timur, mengalami peningkatan. Selain kualitas dan harga yang jauh lebih murah, pembeli mengaku memilih berbelanja di Pasar Tanjung karena bisa melakukan aktivitas tawar-menawar. 

"Kalau di swalayan kan harganya segitu ya sudah. Tapi kalau di pasar bisa ditawar," kata salah satu pembeli, Ika Widiastuti, Kamis (12/7/2018).

Untuk kualitas, beberapa pembeli mengatakan tidak jauh berbeda dengan barang yang dijual di toko. Selain itu, faktor cepat dan praktis juga menjadi alasan masyarakat membeli perlengkapan sekolah di sini.

"Kalau masih pesan di penjahit lama. Ongkosnya juga mahal," kata pembeli lain, Mashuri. 

Hampir semua toko yang menyediakan perlengkapan sekolah diserbu pembeli. Perlengkapan sekolah mulai dari baju seragam hingga sepatu untuk siswa sekolah dasar (SD) dan menengah mengalami lonjakan penjualan hingga 80 persen.

"Setiap hari bisa 50 sampai 80 persen kenaikan penjualannya," kata Djuwariyah, salah satu pedagang perlengkapan sekolah di Pasar Tanjung.

Djuwariyah menambahkan untuk memenuhi derasnya permintaan, dirinya harus mendatangkan barang dari luar kota salah satunya Surabaya dan Solo. "Cepat sekali habis. Ini sudah pesan lagi barang dari Solo," ucapnya di Pasar Tanjung Jember. (*)

Jurnalis : Aminatus Sofya
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Jember

Komentar

Registration