Rabu, 14 November 2018
Peristiwa - Nasional

Menkopolhukam RI: Indonesia Sekarang Darurat Narkoba!

Menkopolhukam RI: Indonesia Sekarang Darurat Narkoba! Menkopolhukam RI Wiranto. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Kamis, 12 Juli 2018 - 19:45

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenkopolhukam RI Wiranto menegaskan bahwa saat ini Indonesia darurat narkoba. Itu dilihat dari jumlah warga yang meninggal setiap harinya terus mengalami peningkatan. 

Wiranto menyampaikan hal tersebut saat menghadiri peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) di Balai Besar Rehabilitasi BNN, Lido Bogor, Kamis (12/7/2018).

"Setiap hari 30 anak muda meninggal karena narkoba. Kalau sebulan 900 orang, berarti setara dengan tiga pesawat Boeing 737 itu jatuh. Semuanya mati. Ini besar sekali," ujarnya. 

Dia menilai, masalah narkoba sebagai ancaman serius bagi bangsa Indonesia. Penanganannya pun harus dilakukan secara serius pula. Cara hukum dan kesehatan dinilai harus juga ditingkatkan untuk mengurangi jumlah pengguna narkoba.

Wiranto berkata, aparat keamanan bertugas secara hukum untuk menangkap dan mengamankan para pengedar dan pemakai narkoba. Sementara dari aspek kesehatan, rehabilitas sangat membantu untuk memutus rantai kecanduan terhadap barang haram tersebut.

"Tadi saya menyerukan kepada BNN untuk jangan lelah dan terus berkoordinasi dengan semua pemangku kepentingan," ujarnya.

Wiranto juga menegaskan, bahwa ancaman narkoba menjadi salah satu instrumen proxy war (perang proksi) yang akan mengancam bonus demografi Indonesia. Narkoba bisa digunakan untuk melumpuhkan suatu kekuatan bangsa. 

Sementara perang modern yang disebut dengan proxy war ini dapat dimanfaatkan oleh pihak ketiga."Narkoba bisa jadi instrumen proxy war. Lebih murah, tidak terlihat. Tapi korbannya cukup banyak," tegas Wiranto. 

Diakui, perang narkiba bukan lagi di depan mata, tetapi sudah dialami langsung bangsa Indonesia sekarang. Bahkan pengungkapan sejumlah kasus narkoba tidak lagi hitungan gram, tetapi jumlahnya dalam ton.

Menkopolhukam RI Wiranto menyampaikan kondisi Indonesia darurat narkoba pada Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) di Balai Besar Rehabilitasi BNN, Lido Bogor. (*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration