Selasa, 13 November 2018
Kuliner

Pudak, Jajanan Asal Gresik yang Kian Beragam

Pudak, Jajanan Asal Gresik yang Kian Beragam Penjual pudak mini Agus Budiono saat memamerkan produk hasil inovasinya (FOTO : Akmal/TIMES Indonesia)
Kamis, 12 Juli 2018 - 17:44

TIMESINDONESIA, GRESIKPudak yang merupakan jajanan asal Kabupaten Gresik, Jawa Timur, kini mulai beragam. Pudak yang terbuat dari campuran tepung beras dan gula lalu dikukus menggunakan daun pinang itu ada yang berukuran mini atau setengah dari ukuran pudak yang umumnya dijual. 

Salah satu penjual pudak mini, Agus Budiono (43) mengungkapkan, jika inovasi pembuatan pudak mini dikarenakan persaingan yang ketat antar penjual pudak.

pudak-gresik.jpg

Dari ketatnya penjualan dan banyaknya toko di Kabupaten Gresik yang berjualan pudak, semenjak empat tahun lalu, Agus mencoba berinovasi dengan membuat pudak dengan ukuran mini. 

Soal aroma dan cara pembuatannya, Agus menyampaikan jika prosesnya sama seperti pudak pada umumnya. 

"Ada berbagai varian rasa seperti original dan pandan. Namun ukurannya lebih kecil, satu pudak pada umumnya bisa menjadi empat pudak mini," kata Agus, Kamis (12/7/2018). 

Agus lantas bercerita, awal mula dirinya mempunyai bayangan jika pudak yang berukuran besar itu ternyata tidak cocok untuk suguhan tamu. 

"Awalnya konsumen bercerita jika jajanan pudak terlalu besar dan malu jika memakan yang jadi suguhan tamu," tambah dia. 

Tak disangka, pudak mini karya Agus kian dikenal masyarakat. Khususnya bagi mereka yang hendak berburu oleh-oleh makanan khas Gresik.

“Dari yang hanya membuat 100 pudak mini, kini sudah berkali-kali lipat,” ungkapnya. 

Dengan sepuluh pudak mini yang dijual dalam satu ikat dihargai Rp 14 ribu. "Sementara pudak ukuran besar satu ikat dijual seharga Rp 25 ribu," pintanya yang juga berharap pudak mini hasil inovasinya dapat diminati masyarakat. 

Sementara itu, salah satu pembeli Lilis (42) warga Perum GKB, Gresik mengatakan, dirinya lebih senang membeli pudak mini. Ia beralasan, selain harga murah, pudak mini pantas menjadi suguhan para tamu. 

"Ini beli pudak mini jajanan asal Kabupaten Gresik, untuk dibuat oleh-oleh keluarga dari Sidoarjo, rasanya juga enak dan yang terpenting harganya terjangkau, separuh dari harga pudak pada umumnya," tutup dia. (*)

Jurnalis : Akmalul Azmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Gresik

Komentar

Registration