Peristiwa - Nasional

Akibat Teror, 12 Negara Sudah Terbitkan Travel Advice ke Indonesia

Akibat Teror, 12 Negara Sudah Terbitkan Travel Advice ke Indonesia Suasana pasca teror bom bunuh diri di Gereja Surabaya beberapa waktu lalu. (FOTO: Istimewa)
Rabu, 16 Mei 2018 - 17:28

TIMESINDONESIA, JAKARTAAksi teror yang beruntun terjadi di Indonesia membuat beberapa begara mengeluarkan travel advice. Dikutip dari www.gov.uk negara yang mengeluarkan travel advice sedikitnya ada 12 negara.

Negara tersebut adalah Inggris, Australia, Amerika Serikat, Tiongkok, Singapura, Irlandia, Filipina, Perancia, Canada, New Zealand, Hong Kong, Polandia dan Malaysia.

Menteri Pariwisata Arif Yahya membenarkan ada 12 negara yang mengumumkan travel advice atau peringatan kepada warganya terkait dengan situasi yang terjadi di Indonesia.

Arif mengatakan status travel advice masih dianggap aman untuk wisatawan mancanegara (wisman) yang ingin ke Indonesia.

Sebab, travel advice hanya sekadar peringatan, jika situasi di Indonesia lebih kacau lagi biasanya negara-negata akan menerbitkan travel warning bahkan travel banned.

Pemerintah Australia mengeluarkan update status 'High Degree of Caution' pada situs resminya smartraveller.gov.au

"Pada 13 Mei 2018 terdapat serangan teror bom ke 3 gereja di Surabaya yang menimbulkan kematian dan luka-luka. Warga Australia diperingatkan akan resiko serangan yang bisa meningkat selama bulan Ramadan (Pertengahan Mei ke pertengahan Juni 2018). Peringatan Travel Advice kami tidak berubah. Tolong waspada di Indonesia, termasuk Bali. Peringatan yang lebih tinggi juga berlaku untuk beberapa daerah di Indonesia," bunyi peringatan di situs resmi smartraveller.gov.au. 

Jurnalis : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration