Peristiwa - Nasional

[HOAKS] Jika Tahu Keberadaan Teroris Lapor Densus

[HOAKS] Jika Tahu Keberadaan Teroris Lapor Densus ILUSTRASI: Terorisme. (Desain: Ofik/TIMES Indonesia)
Rabu, 16 Mei 2018 - 15:16

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ditengah maraknya bom bunuh diri terduga teroris, penangkapan terduga teroris dan penyerangan terduga teroris, di Surabaya, Sidoarjo dan Mapolda Riau, serta lokasi lainnya, beredar pesan pendak di WhatsApp (WA), berisi permintaan kepada warga untuk lapor ke Densus 88, yang dilengkapi nomor telepon melapor.

Pesan tersebut beredar di banyak WA dan media sosial lainnya. Dari penelusuran tim cek Fakta dan Hoaks, dari TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), pesan pendek tersebut ternyata hoaks.

Pesan pendek tersebut, belum diketahui diedarkan oleh siapa dan dari mana. Adapun pesan pendak tersebut adalah:

Ada informasi sekecil apapun tentang teroris,  lapor ke Densus 88,  peran kita penting sekali.

Simpan no ini, suatu hari siapa tahu kita perlu.

Lapor ke Densus 88 :

0812 129 8686
0811 680 9090
0811 216 7777

Sebarkan seluas-luasnya ke group anda.

Dikonfirmasi kepada Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, pihaknya tegas menyampaikan bahwa pesan pendek tersebut adalah hoaks. “Pasti hoaks,” katanya singkat, Rabu (16/5/2018).

Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak mudah percaya kepada pesan yang diterima dan beredar di media sosial (Medsos). JIka ada informasi tentang aksi terorisme, apalagi pesan mengatasnamakan Densus 88, diharapkan tidak mudah share atau disebarkan. Namun, harus dilakukan konfirmasi dan pengecekan terlebih dahulu. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration