Peristiwa Daerah Jemaah Haji Indonesia 2018

Berusia 88 Tahun, Suminah Jadi JCH Tertua di Jember

Kamis, 12 Juli 2018 - 12:20 | 58.49k
Suminah yang didampingi putranya saat pelepasan dan istigosah bersama Bupati Jember. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
Suminah yang didampingi putranya saat pelepasan dan istigosah bersama Bupati Jember. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Seorang warga Kecamatan Tanggul Suminah yang berusia 88 tahun menjadi Jemaah Calon Haji (JCH) tertua di Kabupaten Jember. Suminah berangkat ke tanah suci setelah menunggu selama 10 tahun. 

Ditemui TIMES indonesia, Suminah mengaku siap menjalani ibadah haji. Setiap pagi, ia rutin melakukan senam dan berjalan kaki sejauh 800 meter. 

"Siap insyaAllah. Mohon doanya," kata Suminah, Kamis (12/7/2018).

Ia mengatakan ibadah hajinya tahun ini merupakan yang kedua kalinya. Perjalanannya pertama ke Arab Saudi, dilaksanakan pada tahun 2006 silam.Rencananya, Suminah berangkat bersama anak dan cucunya.  "Berangkat sama anak dan cucu," katanya. 

Kepala Kantor Kemenag Jember Fachrur Rozy menerangkan akan ada pendampingan medis secara khusus kepada 925 JCH yang masuk dalam kategori resiko tinggi (Risti). Dari jumlah tersebut, 207 termasuk dalam Risti Zona Merah karena berusia lanjut. 

"Pendampingan ini dimulai dari melihat catatan rekam medis, rekomendasi obat-obatan yang harus dibawa sampai pendampingan medis saat di tanah suci," kata Fachrur. 

JCH tahun ini lanjut Fachrur, didominasi oleh masyarakat yang berpendidikan dasar yakni sebanyak 1009 orang, 209 orang berpendidikan SMP dan berpendidikan SMA sebanyak 358 orang. 

"Yang berpendidikan S2 dan S3 sebanyak 8 orang," ucapnya. 

Jika JCH tertua berusia 88 tahun, maka JCH termuda adalah Rofiqi Aufar yang berusia 18 tahun. Para JCH ini akan berangkat menuju embarkasi haji di Sukolilo, Surabaya pada tanggal 17 Juli nanti. JCH Jember akan tergabung dalam kloter 5-10 dan kloter 37. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES