Senin, 22 Oktober 2018
Peristiwa - Daerah

Hujan Deras di Hulu Lereng Raung, BPBD: Sungai Masih Aman

Hujan Deras di Hulu Lereng Raung, BPBD: Sungai Masih Aman Warga berada di jembatan Songgon usai banjir bandang bulan lalu. (FOTO: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)
Kamis, 12 Juli 2018 - 11:05

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIHujan deras yang mengguyur kawasan lereng Gunung Raung pada pada Rabu (11/7/2018) malam, menjadi atensi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi.

Kepada Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharram mengatakan, adanya hujan deras di wilayah hulu pada Rabu (11/7/2018) sempat membuat warga di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, menjadi panik.

“Waspada boleh, tapi kalau panik berlebihan jangan,” kata Eka kepada awak media, Kamis (12/7/2018).

Namun kata Eka, kondisi Desa Alasmalang pagi ini sudah terpantau aman. Debit air di sungai Badeng hingga Garit juga terpantau normal dan sedikit sekali ada kenaikan volume.

"Terkait adanya alat berat yang berada didekat Dam Garit tadi malam yang dikira akan digunakan untuk membersihkan material kayu, sebenarnya hanya dipindahkan dari lokasi awal saja," ungkap Eka.

Diakui Eka, alat berat yang dipindahkan tersebut sebelumnya sempat menjalani perawatan karena mengalami kerusakan, sehingga saat malam itu memang sengaja disiagakan BPBD Banyuwangi di sekitaran lokasi dekat Dam Garit di Desa Alasmalang.

"Karena kita dapat informasi di kawasan hulu hujan deras jadi sekalian upaya kesiapsiagaan kami lakukan dengan menempatkan alat berat di lokasi terdampak banjir," jelas Eka.

Penempatan alat berat tersebut untuk antisipasi seandainya ada banjir susulan terjadi. Pun begitu, sebenarnya pasca tanggap darurat usai, BPBD Banyuwangi tetap menyiagakan alat berat di sepanjang aliran sungai. (*)

Jurnalis : Rizki Alfian
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

Komentar

Registration