Rabu, 19 September 2018
Gaya Hidup

Baca Buku Sebelum Tidur, Matikan Alzheimer

Baca Buku Sebelum Tidur, Matikan Alzheimer ILUSTRASI: Baca Buku Sebelum Tidur. (Foto: nusantaranews)
Kamis, 12 Juli 2018 - 01:10

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menciptakan suasana tenang dan syahdu penting sekali sesaat jelang tidur. Suasana yang tenang dan rileks membuat kita lebih siap untuk istirahat maksimal. 

Disamping melakukan berbagai aktivitas santai lain, membaca sebuah buku juga bisa dilakukan sebelum tidur.

Bahkan membaca bucu sebelum tidur secara rutin dilakukan oleh Bill Gates. Bill adalah salah satu miliarder yang kecanduan membaca buku. Studi University Essex menemukan, membaca enam menit per hari dapat mengurangi tingkat stres hingga 68 persen.Membaca buku di malam hari juga dapat meningkatkan kesehatan otak Anda dalam waktu panjang

Meskipun awalnya tidak mudah baca buku sebelum tidur, tetapi membaca buku termasuk hal positif yang harus dikembangkan khususnya bagi mereka yang memiliki masalah dalam beristirahat.

Banyak manfaat positif yang dihasilkan saat  baca buku sebelum kita tertidur. Dengan membaca buku tema kesayangan maka akan membuar tidur anda semakin nyenyak.

Selain hubungannya dengan tidur, beberapa hal alasan yang menjadikan kita sangat dianjurkan rajin membaca adalah sebagai latihan otak dan pikiran.

Membaca buku membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Saat membaca, otak dituntut untuk berpikir lebih sehingga dapat membuat orang semakin cerdas. Namun untuk latihan otak ini, membaca buku harus dilakukan secara rutin dan ada baiknya dilakukan setiap malam menjelang terlelap.

Membaca sebelum tidur juga efektif mengurangi stress. Untuk Anda yang berumur diatas 30 tahun sebaiknya melakukan ritual membaca buku sebelum tidur karena itu baik untuk mematikan Alzheimer.

Saat membaca, otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur serta dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer yang dapat merusak sel saraf pada otak. (*)

Jurnalis : Rochmat Shobirin
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration