Kesehatan

Enak Dikonsumsi, Buah Ini Juga Bisa Mengatasi Jerawat, Lho!

Kamis, 12 Juli 2018 - 06:22 | 22.53k
Jerawat. (FOTO: hipwee.com)
Jerawat. (FOTO: hipwee.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jerawat merupakan masalah kesehatan kulit yang sering terjadi dan hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Banyak yang memilih cara alami untuk mengatasi jerawat. Salah satunya adalah dengan menggunakan tomat. Bisakah mengatasi jerawat dengan tomat?

Selain baik dikonsumsi sebagai makanan dan minuman, tomat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Tomat mengandung likopen yang merupakan antioksidan kuat.

Antioksidan merupakan molekul yang secara alami melawan radikal bebas penyebab kulit rusak dan cepat menua. Jadi penggunaan tomat ini dapat mencegah timbulnya jerawat dan kerusakan kulit di tingkat sel, serta dapat bermanfaat sebagai anti penuaan.

Likopen juga dapat berguna untuk meningkatkan produksi kolagen dan membantu proses pembentukan kulit baru. Dengan begitu, likopen tak hanya baik untuk mencegah jerawat tapi juga membantu mengobatinya.

Selain kaya akan antioksidan, tomat memiliki tingkat keasaman tinggi yang ramah pada kulit Anda. Keasaman ini akan membantu menyeimbangkan tingkat keasaman (pH) pada kulit. Hal ini akan memperlambat dan bahkan menghentikan jerawat untuk muncul kembali dengan membuat kulit bebas dari minyak.

Tomat juga mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin A, B1, B3, B6, C, E, K, besi dan kalium. Vitamin C dan A, keduanya merupakan bahan dasar yang sering digunakan untuk pengobatan jerawat. Besi dan kalium berfungsi mendukung kesehatan kulit dan mengurangi kemungkinan terjadinya bekas jerawat. 

Tak hanya itu, nutrisi pada tomat dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit, yang merupakan salah satu efek samping dari jerawat. Tomat juga bekerja dengan baik sebagai astringent yang berfungsi mengecilkan pori-pori dan menghambat produksi minyak secara berlebihan pada kulit.

Tomat juga memiliki sifat memutihkan kulit. Hal ini membuat tomat efektif untuk memudarkan tanda jerawat dan bintik gelap pada kulit.

Tomat dapat menjadi pilihan yang alami serta efektif untuk mengatasi jerawat. Namun, perhatikan jika Anda ingin mengatasi jerawat dengan tomat karena dapat menimbulkan efek samping atau malah memperburuk kondisi kesehatan kulit Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES