Gaya Hidup

Awas! Sering Kerja Lembur Sebabkan Gangguan Kesehatan Ini, Lho

Awas! Sering Kerja Lembur Sebabkan Gangguan Kesehatan Ini, Lho ILUSTRASI - Kerja Lembur (FOTO: iStock)
Rabu, 16 Mei 2018 - 01:24

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pekerjaan yang menumpuk membuat seorang pekerja harus menambah jam kerjanya atau kerja lembur. Meski terlihat sepele, ternyata kerja lembur sebabkan gangguan kesehatan, salah satunya adalah sering sakit kepala.

Sebenarnya apa yang menyebabkan hal ini? Dilansir dari Klik Dokter, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan Anda mengalami sakit kepala saat lembur.

1. Postur tubuh saat duduk

 Sebagian besar waktu bekerja di kantor mengharuskan Anda untuk duduk. Namun, jika Anda duduk seharian penuh, tentunya postur duduk tersebut dapat menciptakan tekanan, terutama di bagian tulang belakang. Ini dapat memengaruhi saraf dan mengakibatkan peredaran darah kurang lancar. Akibatnya, sakit kepala pun mungkin terjadi.

2. Pola makan tidak teratur

Metabolisme Anda dapat terganggu jika tidak memiliki pola makan yang baik. Alhasil, kondisi ini dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi. Terlebih jika lembur dan terpaksa untuk bekerja lebih lama, kondisi ini dapat membuat tekanan darah Anda menurun (rendah) dan menyebabkan sakit kepala.

3. Jarang olahraga

Olahraga dapat memperlancar peredaran darah ke otak dan mengurangi nyeri kepala tipe tegang (karena otot yang kaku dan tegang). Selain itu, pada saat olahraga terjadi pengeluaran hormon endorfin yang bersifat sebagai painkiller sehingga dapat mengurangi nyeri. Maka dari itu, orang yang jarang olahraga biasanya lebih sering mengalami keluhan nyeri kepala.

4. Kurang tidur

Kerja lembur pastinya akan mengubah (mengurangi) jam tidur Anda, yang pada akhirnya dapat membuat sakit kepala muncul lebih sering. Lebih jauh lagi, konsentrasi pun dapat berkurang.

5. Stres

Pekerjaan adalah salah satu faktor penyebab stres yang paling sering. Jika stres karena pekerjaan terus-terusan dirasakan, bukan tak mungkin Anda jadi sering mengalami sakit kepala.

6. Kafein

Saat lembur, kopi sering dijadikan andalan supaya mata dan semangat tetap terjaga. Konsumsi kafein yang tinggi dikombinasikan dengan stres akibat tekanan kerja saat lembur bisa memicu sakit kepala hebat.

Kerja lembur sebenarnya tidak dilarang. Namun, selalu perhatikan kesehatan Anda dan jangan terlalu sering lembur. Karena di balik manfaatnya, yaitu pekerjaan cepat selesai, kerja lembur sebabkan gangguan kesehatan. (*)

Jurnalis : Deasy Mayasari
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration