Rabu, 14 November 2018
Tekno

Musi Rawas Targetkan Merdeka Sinyal 2020

Musi Rawas Targetkan Merdeka Sinyal 2020 Plt Kadiskominfo dan Statistik Musi Rawas diacara Merdeka Sinyal 2020. (FOTO: Istimewa)
Rabu, 11 Juli 2018 - 20:16

TIMESINDONESIA, MUSI RAWAS – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Musi Rawas menargetkan pada tahun 2020 mendatang daerah ini akan merdeka sinyal atau bebas dari blankspot area.

Hal ini ditegaskan Plt. Kadiskominfo Mura, Muhamad Rozak usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dengan 26 Pemerintah Provinsi meliputi 128 Kabupaten dari 4.005 desa yang belum terjangkau sinyal selular di Indonesia yang berlangsung dari tanggal 8 -11 Juli 2018 di Hotel Royal Kuningan Jakarta.

Rozak mengatakan, sebelum dilaksanakan Rakornas, pihaknya pada tahun 2017 telah mengajukan ke Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informasi (BPPPTI). Saat ini kemudian berubah menjadi Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informasi. 

Ketika itu, Kabupaten Musi Rawas mengusulkan membangun lima desa broadband terpadu (DBT) dan dua unit menara  Base Transceiver Staton (BTS) di dua desa serta pembangunan akses internet untuk 19 puskesmas dan 4 SMPN.

Namun, lanjut Rozak, setelah dilakukan penilaian oleh BP3TI/ BAKTI, Kabupaten Musi Rawas mendapatkan prioritas pembangunan 5 BTS  dan 22 akses Internet, dan hingga saat ini sudah direalisasikan sebanyak 8 titik akses internet di Kabupaten Musi Rawas.

"Diharapkan dengan dipenuhinya usulan ini maka dapat mengurangi jumlah blankspot area dan aksesbilitas masyarakat dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi berjalan dengan lancar,"ujarnya. 

Diketahui hingga saat ini sekitar 50 persen wilayah Kabupaten Musi Rawas masih dalam statuus blankspot.

Jurnalis : Fathur Rochman
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Palembang TIMES

Komentar

Registration