Senin, 24 September 2018
Wisata

Dispar NTB Dorong TN Moyo Satonda Jadi Brand Baru Pariwisata di Pulau Sumbawa

Dispar NTB Dorong TN Moyo Satonda Jadi Brand Baru Pariwisata di Pulau Sumbawa Taman Nasional (TN) Moyo Satonda NTB (FOTO: kataknews)
Rabu, 11 Juli 2018 - 14:46

TIMESINDONESIA, MATARAM – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyambut baik rencana penetapan kawasan Taman Nasional (TN) Moyo Satonda oleh pemerintah pusat. Mengingat saat ini dua kawasan tersebut masih berstatus sebagai Taman Wisata Alam (TWA) dan dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Mohhamad Faozal menyatakan, selain memperkuat upaya konservasi alam di dua kawasan tersebut, TN Moyo Satonda bisa dijadikan branding pariwisata, khususnya di Pulau Sumbawa.

Kepala-Dinas-Pariwisata-NTB-Lalu-Mohhamad-Faozal.jpgKepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Mohhamad Faozal saat memaparkan kegiatan Sail Moyo Tambora 2018 di Kantor Bupati Kabupaten Sumbawa, Kamis (31/5/2018) lalu. (FOTO: Ahmad Subaidi/Antara)

"Nantinya (TN Moyo Satonda) bisa dijadikan sebagai brand destinasi kita di Pulau Sumbawa. Tentunya ini akan berdampak pada pasar pariwisata kita terutama untuk destinasi Sumbawa. Saya rasa itu baik," katanya, di Mataram, Rabu (11/7/2018).

Ia memaparkan jika kawasan TN Moyo Satonda resmi terbentuk nantinya akan menyatukan dua pulau eksotis di perairan Sumbawa, yakni Pulau Moyo dan Pulau Satonda dalam satu pengelolaan. Hal ini, menurut Faozal, untuk memudahkan pengelolaan dan juga penyediaan aksesbilitas untuk menuju dua pulau eksotis tersebut.

Faozal menilai, potensi wisata di Moyo dan Satonda tidak kalah dengan Gili-Gili yang ada di perairan pulau Lombok. Hanya saja, aksesbilitas dan sarana penunjang di kedua pulau itu masih terbatas.

"Kita harapkan jika ini (TN Moyo Satonda) diresmikan saat Presiden Jokowi datang di kegiatan Sail Moyo Tambora, September mendatang. Pengembangan Moyo dan Satonda bisa lebih bagus lagi, karena pengelolaannya disatukan dalam Taman Nasional," ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Menteri Koordinator Kemaritiman, Agus Purwoto mengatakan, dalam rangkaian puncak seremoni Pesona Sail Moyo Tambora 2018, sejumlah Kementerian dan Lembaga akan ikut terlibat, termasuk juga Kementerian KLH.

Menurut Agus, Presiden Jokowi akan menghadiri acara Pesona Sail Moyo Tambora bersama dengan diplomat sejumlah negara sahabat. Sehingga ada kemungkinan saat menghadiri acara tersebut, Presiden Jokowi bisa meresmikan TN Moyo Satonda.

"Pak Presiden akan hadir dalam Sail Moyo Tambora. Ya semoga saja TN Moyo Samota bisa diresmikan saat itu," katanya, belum lama ini, di Mataram.(*)

Jurnalis : Anugrah Dany Septono
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Mataram

Komentar

Registration