Rabu, 19 September 2018
Tekno Prestasi Nusantara

Prestasi Nusantara, SMAN Baureno Raih The Best Bidang Robotik di Malaysia

Prestasi Nusantara, SMAN Baureno Raih The Best Bidang Robotik di Malaysia Para siswa-siswi SMAN 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro, Jatim, dalam ajang lomba robotic tingkat International di Malaysia. Rabu (11/7/2018). (FOTO: Ali/TIMES Indonesia)
Rabu, 11 Juli 2018 - 12:52

TIMESINDONESIA, BOJONEGORO – Tak hanya mahasiswa, siswa Indonesia pun mampu mengukir prestasi nusantara di pentas dunia. Siswa SMAN 1 Baureno (Smansaba), Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ini misalnya. Mereka sukses meraih prestasi bidang robotik tingkat International di Malaysia pada 6-8 Juli 2018.

Lomba tersebut diikuti sebanyak tim robot dari 164 negara. Lomba robotik ini hasil bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan bersama Kementerian Sains Tehknologi dan Inovasi Malaysia.

Pada kejuaraan tingkat internasional ini, siswa SMAN 1 Baureno berhasil meraih Best Engineering Award Malaysia Indoor Solar Competition dan Best Design Award Malaysia Indoor Solar Competition

Kepala Sekolah SMAN 1 Baureno, M.Yunus mennyampaikan, bahwa prestasi anak didiknya merupakan wujud kekompakan dan usaha keras dari siswa-siswinya serta dukungan doa warga Bojonegoro. Sehingga dapat meraih prestasi yang membanggakan dalam lomba robotik tingkat international.

"Kami sangat bersyukur dan mengapresiasi atas raihan prestasi ini. Karena dari sekian banyak peserta, siswa SMAN I Baureno berhasil meraih prestasi terbaik lomba robot tingkat International untuk katagori Aerial Robotic. Semoga ini dapat memberi motivasi dan memacu prestasi bagi siswa lainnya," kata M.Yunus, di Bojonegoro, Rabu (11/7/2018).

Menurutnya, pelajaran robotica merupakan ekstrakurikuler baru di sekolahannya, dimulai sejak 2015 lalu. Ternyata dari ekstra ini mereka berhasil meraih the best ten kategori Robot Microcontroler pada ajang Lomba Karya Teknologi 6 yang digelar di Universitas Negeri Surabaya beberapa bulan lalu.

"Inilah prestasi pertama siswa di ajang nasional, kemudian berlanjut di level internasional. Di tahun 2017 juga menorehkan prestasi membanggakan pada ajang ISSRO di Jepang," imbuhnya.

Prestasi nusantara di pentas dunia siswa SMAN 1 Baureno pada prestasi bidang robotik ini makin menambah deretan prestasi pendidikan tanah air. Baik di kampus maupun pendidikan menengah. (*)

Jurnalis : Ali Shodiqin
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bojonegoro

Komentar

Registration