Glutera News

Ingin Selalu Bahagia? Ini Cara yang Bisa Anda Lakukan

Rabu, 11 Juli 2018 - 09:58 | 74.09k
Ilustrasi (FOTO: Gluteranews)
Ilustrasi (FOTO: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain hormon stres, tubuh kita juga memiliki hormon bahagia atau hormon endorphin. Hormon ini keluar saat kita merasa bahagia, senang, dan bersemangat. Secara alamiah endorphin diproduksi oleh tubuh kita saat tubuh merasa stres dan nyeri. Tujuannya adalah agar segera terjadi recovery di tubuh dan rasa nyeri dan stres berkurang.

Lalu, bagaimana cara merangsang hormon endorphin? Ada berbagai cara untuk merangsang keluarnya hormon endorphin, berikut ulasannya.

1. Olahraga
Olahraga dalam dosis tinggi, memberikan efek endorphin keluar dalam jumlah tinggi. Olahraga juga dan dapat membawa seseorang dalam kondisi euphoria dan sangat bahagia. Bahkan sampai beberapa jam setelah selesai berolahraga.

2. Cokelat
Cokelat dalam jumlah yang sedikitpun, terutama yang dark, dapat meningkatkan produksi endorphin dan serotonin di dalam tubuh. Cokelat dan secara instan akan memperbaiki mood Anda. Tetapi bila sudah mengkonsumsi coklat, cobalah bakar kalorinya agar tidak terjadi kelebihan asupan kalori.

3. Cabe dan Makanan Pedas
Cabe dan yang pedas-pedas, terutama dimakan saat panas akan merangsang tubuh melepaskan endorphin dalam jumlah banyak. Di saat kepedasan, tubuh kita melepaskan endorphin untuk mengurangi ‘penderitaannya’.

4. Tertawa
Tertawa selama 10 sampai 15 menit akan dapat mengeluarkan endorphin dalam jumlah cukup agar kita merasa bahagia. Tertawa adalah obat terhebat sepanjang masa, yang dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi hormon stres, meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Tersenyum
Tidak bisa tertawa, cobalah untuk tersenyum, bahkan senyuman yang palsu sekalipun. Saat otot di muka tertarik, otak kita akan terangsang untuk melepaskan endorphin. Sehingga bukan hanya dapat membuat yang tersenyum merasa bahagia, orang lain pun dapat tertular bila melihat seseorang tersenyum.

6. Aroma Vanilla dan Lavender
Wangi vanilla dan lavender sudah diteliti dapat mengatasi depresi. Cobalah menggunakan aroma terapi vanilla dan lavender bila sedang merasa stres, sedih, dan letih, maka lambat laun kita akan merasa nyaman.

7. Suplemen Kesehatan
Selain berguna menjaga kesehatan, menghilangkan rasa letih, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, memperbaiki kadar gula darah, menurunkan tekanan darah dan menekan hormon-hormon stres. Selain itu suplemen kesehatan juga bermanfaat untuk mempercepat kesembuhan dari penyakit-penyakit.

8. Menangis
Di saat kita mulai menangis, otak kita akan melepas endorphin agar kita merasa lega. Maka bila sedang stres dan sedih, menangis merupakan cara alamiah untuk mengatasinya.

9. Berpikir Positif
Bila kita senantiasa berpikir positif, maka lambat laun tubuh juga akan melepaskan endorphin dan sedikit demi sedikit kita akan merasa bahagia.

10. Bersosialisasi
Saat kita berinteraksi dengan orang lain, baik secara langsung maupun menggunakan teknologi, atau bahkan melalui media sosial, tubuh akan melepaskan endorphin.

11. Mendekatkan Diri pada Tuhan
The last but not the least. Mungkin cara yang pamungkas agar tubuh dibanjiri endorphin adalah dengan mendekatkan diri dan berserah diri secara total kepada Yang Maha Kuasa. Bila kita senantiasa merasa ikhlas akan segala sesuatu yang terjadi, kita akan senantiasa merasa tenang dan tubuh akan senantiasa pula melepas endorphin.

Dari uraian diatas, dapat kita simpulkan bahwa produksi hormon endorphin oleh tubuh ini sebenarnya dapat dilatih. Semakin mahir kita, akan semakin mudah bagi tubuh untuk memproduksi dan melepas hormon yang dapat merubah dunia ini; hormon bahagia, endorphin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES