Kesehatan

Yuk Bangun Pagi! Rasakan Manfaatnya untuk Tubuh Anda

Yuk Bangun Pagi! Rasakan Manfaatnya untuk Tubuh Anda Bangun Pagi. (FOTO: Seruni.id)
Selasa, 15 Mei 2018 - 06:07

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bangun tidur lebih pagi membuat Anda memiliki waktu tambahan untuk bersiap menghadapi hari. Selain itu, ada banyak manfaat bangun pagi untuk kesehatan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang rajin bangun pagi berpeluang lebih panjang umur daripada orang-orang yang suka bangun tidur kesiangan. Benarkah?

Tidur adalah cara bagi jam sirkadian tubuh untuk mengatur ulang dirinya secara otomatis. Ketika Anda terbiasa tidur larut malam dan bangun kesiangan, tanpa disadari cara kerja jam biologis tubuh Anda akan berubah.

Dilansir dari Hello Sehat, saat Anda tidur, otak akan melepaskan hormon dan senyawa yang membantu proses metabolisme tubuh. Mulai dari mengatur nafsu makan, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan daya ingat, memperbaiki mood, meningkatkan kebugaran, hingga meningkatkan energi dan fokus untuk beraktivitas keesokan harinya.

Semua fungsi metabolisme tubuh ini diatur oleh ritme sirkadian, yang bekerja mengikuti perubahan suhu dan cuaca di sekitar Anda. Menurut Phyllis C. Zee, MD., professor Neurologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine, bangun pagi memberikan Anda kesempatan yang lebih banyak untuk terpapar sinar matahari pagi yang menyehatkan, sekaligus membantu ritme sirkadian bekerja lebih efektif. Ketika metabolisme tubuh bekerja dengan baik, maka tubuh mampu menjalankan berbagai fungsinya tanpa masalah.

Manfaat bangun pagi telah lama dikaitkan dengan kebiasaan makan sehat yang ikut berperan menurunkan risiko berbagai kondisi kesehatan serius, salah satunya obesitas. Karena dengan terbiasa tidur teratur dan bangun pagi, pada dasarnya Anda jadi punya lebih banyak waktu untuk meracik sarapan sehat.

Rajin bangun pagi membuat Anda merasa lebih bugar dan bersemangat sehingga jadi lebih produktif selama seharian. Dalam jangka panjang, manfaat bangun pagi terhadap mood dan kesehatan mental ini dapat menurunkan risiko Anda mengalami depresi. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration