Selasa, 13 November 2018
Kesehatan

Tak Harus Dimasak, Sayuran Ini Juga Sehat Dimakan Mentah

Tak Harus Dimasak, Sayuran Ini Juga Sehat Dimakan Mentah Ilustrasi - (FOTO: katabunda)
Rabu, 11 Juli 2018 - 01:24

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Umumnya, kita mengolah sayuran dengan cara direbus, kukus, atau tumis. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada banyak sayuran yang lebih sehat jika dimakan dalam keadaan mentah. Makan sayur mentah? Apa saja jenis sayuran mentah tersebut?

1. Paprika
Paprika adalah salah satu sayur yang masih satu keluarga dengan cabai. Hal ini membuat paprika juga cocok dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Tidak hanya segar, namun juga karena kandungan gizi yang ada pada paprika, utamanya vitamin C, terbukti mudah hilang dan rusak saat adanya pemanasan lebih dari 100 derajat celsius.

Bahkan, tidak hanya kandungan vitamin C yang hilang, namun juga kandungan vitamin E dan B6 terbukti berkurang kadarnya setelah diolah dengan pemanasan yang tinggi.

2. Kubis
Kubis cukup umum dikonsumsi dalam kondisi mentah, utamanya pada banyak sajian lalapan.

Hal ini memang sangat baik bagi kesehatan tubuh, karena kandungan gizi yang ada pada kubis justru lebih terjaga saat dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Kandungan gizi utama yang ada pada kubis mentah adalah kandungan antioksidannya, yang menjadi lebih tinggi.

3. Brokoli
Kandungan gizi, yaitu vitamin C, kalsium dan mineral lain, yang ada pada brokoli mentah terbukti lebih tinggi dari jenis sayur yang umum dikonsumsi lainnya.

Tidak hanya itu, brokoli memiliki kandungan zat jenis sulforaphane yang baik untuk kesehatan sel tubuh dan jantung.

Akan tetapi, kandungan vitamin C, mineral dan zat sulforphane yang ada pada brokoli sangat mudah rusak jika terkena panas. Asupan zat gizi utama yang ada pada brokoli justru terbukti lebih mudah diserap tubuh dalam kondisi mentah.

4. Bit
Bagaimana cara Anda mengonsumsi sayur bit biasanya? Jika masih sering memasaknya, maka akan lebih baik jika Anda mulai mengonsumsinya dalam kondisi mentah saja.

Bit merupakan salah satu jenis sayur yang kandungan mineralnya paling padat, yaitu terdiri dari potasium, magnesium, zat besi, hingga asam folat. Sayangnya, proses pemanasan saat memasak terbuti mengurangi kadar asam folat hingga 25 persen.

Itulah sayuran mentah yang tak perlu diolah terlebih dahulu. Jika Amda tak memiliki waktu untuk mengolah sayuran, tak ada salahnya makan sayur mentah seperti di atas. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration