Peristiwa - Nasional Bom di Tiga Gereja di Surabaya

Soal RUU Anti Terorisme, Bamsoet: Pemerintah Sebaiknya Satu Kata

Soal RUU Anti Terorisme, Bamsoet: Pemerintah Sebaiknya Satu Kata Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). (FOTO: Nasional Kompas)
Senin, 14 Mei 2018 - 20:44

TIMESINDONESIA, JAKARTAKetua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pihak pemerintah untuk segera sepakat atau satu kata soal RUU Anti Terorisme menyusul usulan Kapolri Tito Karnavian yang mendesak agar RUU tersebut segera disahkan.

“Kami mendorong Pemerintah untuk segera satu kata diantara pemerintah sendiri agar RUU tersebut bisa segera dilanjutkan pembahasannya di DPR. Dan kami targetkan pada bulan Mei awal masa sidang ini bisa dituntaskan,” kata Bamsoet dalam pesan tertulisnya di Jakarta, Senin (14/5/2018).

Sehubungan dengan hal tersebut, Bamsoet juga meminta Komisi I DPR dan Komisi III DPR untuk berkoordinasi dengan Badan Intelijen Negara (BIN) dan Intelijen Kepolisian untuk meningkatkan kinerja dan kewaspadaan serta mengantisipasi pergerakan terorisme.

”Komisi III DPR segera mendorong Kepolisian untuk meningkatkan intelijen di Kepolisian untuk mencegah terjadinya bom bunuh diri, mengingat kepolisian telah memiliki data-data orang-orang yang akan melakukan kegiatan radikalisme dan saat ini pergerakan terorisme bersifat sporadis,” katanya.

Bamsoet juga berharap Komisi III untuk meminta Kejaksaan segera melaksanakan eksekusi terhadap terpidana terorisme, baik hukuman seumur hidup ataupun hukuman mati.

Adapun untuk Pansus RUU Anti Terorisme, dia meminta untuk segera menerapkan sanksi pidana kepada pihak yang terkait dengan kelompok teroris dan segera menuntaskan frasa soal definisi tentang terorisme.

“Kita harus mengedepankan kepentingan dan keselamatan rakyat, bangsa dan negara. Sehingga dalam kondisi tertentu kita cukup berpijak bahwa terorisme adalah tindak pidana yang harus segera dilakukan penindakan. Sehingga tidak menyulitkan aparat penegak hukum dalam melakukan upaya-upaya pencegahan khususnya bagi  penyidik dan jaksa penuntut umum dalam pembuktian,” ucapnya.

Bamsoet itu juga mengimbau agar masyarakat untuk bersatu melawan terorisme khususnya jika mereka akan melakukan aksi di bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.(*)

Jurnalis :
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Sukma
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration