Rabu, 14 November 2018
Peristiwa - Daerah

Wow! Ada Bangunan Mirip Istana Merdeka di Jember

Wow! Ada Bangunan Mirip Istana Merdeka di Jember Bangunan Mirip Istana Merdeka di Jember. (FOTO: YouTube)
Selasa, 10 Juli 2018 - 18:55

TIMESINDONESIA, JEMBER – Sebuah bangunan mirip Istana Merdeka berdiri disalah satu desa di Kabupaten Jember, Jawa Timur. dalam bangunan itu, ada enam tiang putih kokoh, 12 anak tangga, lampu di sisi kanan dan kiri serta burung garuda diatas gedung.

Bangunan ini benar-benar seperti replika Istana Merdeka yang ada di Bogor. Tapi siapa sangka, gedung tersebut sebenarnya merupakan Kantor Desa milik Desa Kemungsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Jember, Jawa Timur. 

Ditemui TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Kepala Desa Kemungsari Kidul Sujarwo mengatakan butuh 1,8 Miliar untuk membangun replika Istana Merdeka. Proses pembangunan sudah mulai dikerjakan sejak tahun 2014 atau dua tahun setelah ia tersebagai Kades. 

"Resmi ditempati mulai Senin (9/7) kemarin," kata Sujarwo, Selasa (10/7/2018).

Istana Merdeka versi Jember ini luasnya 30 X 50 meter. Disekitar ini, rencananya juga akan dibangun kawasan wisata yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat desa. 

"Kalau luas total ada 4 hektar," katanya. 

Ide pembuatan kantor desa yang megah ini berawal dari hasil rembug masyarakat yang menginginkan kantor desanya dipindah. Pada 1985, wilayah Desa Kemungsari Kidul dipecah menjadi dua yakni Kemuningsari Kidul dan Kertonegoro. 

"Dan setelah kami lihat di peta, kantor desa kami masih berada di Desa yang lain," ucap Sujarwo. 

Dalam hal rancang bangun, Sujarwo yang pernah berkecimpung dalam dunia properti ini juga bertindak sebagai arsitek. Selain gagah, replika Istana Merdeka itu juga mempunyai pendopo terbuka dan ventilasi yang cukup banyak. 

"Ini kan di desa, udaranya masih segar. Jadi kita desain begini, terbuka supaya udara segar masuk," katanya. 

Sujarwo berharap, dengan adanya Kantor Desa yang baru tersebut, yang mirip Istana Merdeka, bisa memberikan spirit kepada semua perangkat desa agar melayani masyarakat secara baik. Sejak dibangun, banyak masyarakat yang melakukan aksi swafoto di depan Istana Merdeka versi Jember ini. (*)

Jurnalis : Aminatus Sofya
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jember

Komentar

Registration