Peristiwa Ketahanan Informasi Desa

Di TMMD Banjarnegara, Tusmin 'Ganyang' Batu Kali Demi Akses Jalan Desa

Selasa, 10 Juli 2018 - 15:49 | 46.52k
Senyum bapak Tusmin (kaos hijau) dan bapak Rinto merupakan kebanggaan bisa menyumangkan tenaganya untuk desanya
Senyum bapak Tusmin (kaos hijau) dan bapak Rinto merupakan kebanggaan bisa menyumangkan tenaganya untuk desanya
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Tusmin adalah salah satu warga Dusun Karang Gondang Rt. 02 Rw. 05, Desa Pasegeran, Kecamatan Pandanarum, lokasi TMMD Kodim Banjarnegara. Ia terlihat sangat gigih ganyang atau memecah batu kali demi impiannya dan warga lainnya akan jalan desa yang selama ini becek dan berbatu yang tak beraturan, Selasa (10/7/18).
 
Dia bersama Rinto (23) tetangganya, memecah batu kali dibawah jembatan jalan masuk menuju desa mereka. Ini semua demi membantu TNI dalam menyediakan bahan dasar batu untuk pembangunan Talut sepanjang 100 meter, Bronjongisasi sepanjang 56 meter, pembangunan 1 Unit Poskamling, pembuatan saluran irigasi di samping jalan sepanjang 100 meter serta rehab RTLH 11 warga tetangganya.

Kebersamaan TNI-Warga juga terlihat saat Serda Sudi Waluyo (jaket abu-abu), Satgas penerangan TMMD Reguler Kodim 0704 Banjarnegara menyempatkan diri bercengkerama sambil berbagi rokok lintingan. 

Kepekaan, semangat kekompakan dan gotong royong inilah menjadi cerminan atau ciri khas kehidupan masyarakat di pelosok pedesaan yang tanpa diminta sudah tergerak menyumbangkan tenaga demi kemaslahatan bersama.

tmmd15.jpg

“Saya berharap dengan kerja keras kami ini dapat membantu stok batu bagi pembangunan desa, sehingga kami juga berharap ada penambahan pembangunan fisik lainnya dengan sumbangan tenaga dan batu dari kami,” harap Tusmin.

Sementara dikatakan Serda Sudi Waluyo kepada para warga tersebut, “Semoga kedepan masyarakat desa ini semakin maju dan meningkat kesejahteraannya. Tersentuh hati saya melihat semangat dan kemauan mereka untuk memiliki jalan baru, jadi tidak ada alasan bagi saya untuk tidak semangat mempublikasikan kegiatan mereka yang terletak di pucuk gunung ini,” ucapnya.

Menurutnya juga, jalan ini nantinya akan digunakan oleh seluruh warga desanya untuk mengangkut dan memasarkan hasil pertanian dan perkebunan, karena jalan yang sedang dibangun tersebut merupakan satu-satunya akses dari dan menuju desanya. Jalan yang sedang dibangun sepanjang 1.170 meter dan akan dibeton selebar 3 meter. Ini termasuk garapan TMMD Kodim Purbalingga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES