Gaya Hidup

Anak Kecanduan Gadget? Ini Tips Mengatasinya

Selasa, 10 Juli 2018 - 02:24 | 54.20k
ILUSTRASI - Anak Bermain Gadget. (FOTO: Inovasee)
ILUSTRASI - Anak Bermain Gadget. (FOTO: Inovasee)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tingkat kepekaan sosial di saat seperti ini seakan berkurang akibat penggunaan teknologi yang semakin canggih. Daya tarik gadget memang luar biasa sehingga anak bisa menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan seharian penuh hanya untuk bermain dengan gadgetnya hingga menimbulkan kecanduan gadget pada anak.

Nah, jika anak Anda sedang mengalami hal yang sama, tentunya Anda merasa bingung untuk mengatasinya, bukan? Dilansir dari Dokter Sehat, berikut tips mengenai terapi penyembuhan anak dari kecanduan gadget.

1. Terapi Perilaku
Terapi yang satu ini memang lebih ke penanganan dalam wujud tindakan. Ada banyak yang bisa dilakukan dalam menghentikan kebiasaan buruk anak, mulai dari mencontohkan dan mempraktikan untuk tidak bermain gadget atau ponsel di hadapannya.

Saat sedang bersama, orang tua bisa mencontohkan hal yang positif, misal membaca atau berkebun. Dengan memberi contoh seperti itu, lambat laun anak akan mulai paham, mana yang baik dan mana yang buruk untuk dilakukan.

2. Wawancara Motivasi
Dalam bahasa psikologi, terapi ini lebih dikenal dengan Motivational Interview (MI), yaitu mengajak bicara secara gamblang dan tidak ada yang ditutup-tutupi ataupun dirahasiakan. Biasanya terapi ini akan menanyakan seputar kelebihan dan kekuarangan dari sebuah permasalah. Dengan begitu, orang tua jadi mengerti apa yang dibutuhkan oleh anak sehingga bisa mengatasinya dengan mudah.

3. Terapi Kognitif
Untuk terapi yang satu ini memang sedikit lebih rumit, pasalnya terapi kognitif biasa digunakan untuk hal yang sifatnya candu. Misal sang anak sangat kecanduan game online, maka dari itu orang tua harus memodifikasi pikiran anak agar mengalihkan kecanduannya ke hal yang lebih bermanfaat. Biasanya, terapi kognitif akan lebih menggunakan perasaa, ucapan, serta tindakan nyata sehingga anak menjadi lebih percaya untuk menghentikan kecanduannya.

Itulah tiga terapi yang bisa diterapkan untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak. Sebaiknya beri batasan anak bermain gadget sejak kecil agar tidak membuat ia kecanduan dikemudian hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES