Gaya Hidup

Sayur Ini Direkomendasikan Jadi Makanan saat Puasa, Ini Alasannya

Sayur Ini Direkomendasikan Jadi Makanan saat Puasa, Ini Alasannya Tomat salah satu sayur yang direkomendasikan saat puasa (FOTO: Hello Sehat)
Senin, 14 Mei 2018 - 06:27

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Asupan makanan saat puasa sangat penting untuk diperhatikan. Buah dan sayur sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Makanan ini merupakan sumber nutrisi yang bagus untuk kesehatan karena memiliki kandungan air yang tinggi.

Tapi tak semua buah dan sayur memiliki kadar air yang tinggi. Berikut ini sayuran yang mengandung lebih dari 93 persen air, seperti dilansir dari Tempo.

1. Paprika
Paprika hijau memiliki kandungan air sebanyak 93,9 persen. Air dalam paprika hijau lebih tinggi ketimbang paprika merah dan kuning yang mengandung 92 persen air. Paprika hijau juga memiliki cita rasa sedikit lebih manis dibanding paprika merah dan hijau.

2. Tomat
Tomat memiliki kadar air sebanyak 94,5 persen. Tomat dapat dijadikan campuran sup, dijus, atau dimakan langsung.

3. Seledri
Seledri memiliki kadar air sebanyak 95,4 persen, adapun kandungan kalorinya hanya 6 kalori per tangkai. Sayuran ini juga mengandung folat dan vitamin A, C, dan K. Selain mencegah dehidrasi, seledri mampu menetralisir asam lambung.

4. Mentimun
Mentimun termasuk sayuran yang memiliki kadar air paling tinggi, yaitu 96,7 persen. Supaya tambah lezat saat disantap, kamu bisa mencampurkan mentimun dengan yoghurt tanpa lemak, mint, dan es batu.

Puasa memang rentan dehidrasi. Karena itu Anda harus memperhatikan makanan saat puasa. Keempat sayuran di atas bisa menjadi pilihan untuk mencegha dehidrasi karena kandungan airnya yang tinggi. (*)

Jurnalis : Aminatus Sofya
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration