Kamis, 15 November 2018
Peristiwa - Daerah

Bupati Imbau Masayarakat Bondowoso Harus Mempunyai Spirit Ki Ronggo

Bupati Imbau Masayarakat Bondowoso Harus Mempunyai Spirit Ki Ronggo Bupati Bondowoso Amin Said Husni bersama istri, saat menuju makam RBA Ki Ronggo bersama para rombongan forpimda dalam pawai budaya (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Senin, 09 Juli 2018 - 19:16

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOBupati Bondowoso, Drs H Amin Said Husni mengimbau, agar masyarakat di Kabupaten Bondowoso, mempunyai spirit pahlawan, seperti yang berkobar dijiwa Raden Bagus Asra (RBA) Ki Ronggo.

Hal itu disampaikannya, dalam salah satu rangkaian acara Hari Jadi Bondowoso (Harjabo) ke 199, yaitu pawai budaya dan ziarah makam RBA Ki Ronggo, Minggu (9/7/2018).

Bupati-Bondowoso-Amin-Said-Husni-A.jpg

Masih menurutnya, bahwa Ki Ronggo membangun pemerintahan pertama di kabupaten Bondowoso, pada tahun 1819 M, yang bertepatan dengan tanggal 25 Syawal tahun 1234 hijriah.

“Ki Ringgo telah memulai membangun peradaban dan kebudayaan di kabupaten Bondowoso ini. Kemudian dilanjutanjutkan Ki Ronggo berikutnya,” terangnya.

Dia juga menjelaskan bahwa, jika sebutan Ki Ronggo boleh digunakan oleh bupati. Maka menurut catatan, dalam periode kedua dari pemerintahanya, pihakya merupakan Ki Ronggo ke 30.

Bupati-Bondowoso-Amin-Said-Husni-B.jpg

“Selama dua periode, masyarakat Bonndowoso telah memberikan mandat kepada saya, untuk melanjutkan estafet kepemimpinan dari Ki Ronggo-Ki Ronggo sebelumnya,” ungkapnya.

Pihaknya juga bersyukur, bahwa melaui pilkada 2018 beberapa minggu lalu yang berjalan aman dan tertib, masyarakat Bondowoso telah memilih Ki Ronggo ke 31, yang sebentar lagi menggantikannya. Yaitu, KH Salwa Arifin.

"Semoga di pemimpinan kiai Salwa, apa yang telah kita capai terus dilanjutkan dan dikembnagkan, dan menjadikan Bondowoso semakin maju di masa-masa yang akan datang," imbuhnya.

Bupati-Bondowoso-Amin-Said-Husni-C.jpg

Pihaknya juga mengucapkan terimaksih, sekaligus apresiasi kepada masyarakat Bondowoso, yang bersama-sama telah membantu pemerintahannya dalam pembangunan di berbagai aspek, mulai ekonomi, pendidikan dan kesehatan, yang saat ini mengalami perubahan yang lebih baik. 

Sementara, pawai budaya tersebut diberangkatkan dari pendopo, melewati jembatan Ki Ronggo. Bupati beserta rombongan menunggangi dokar dengan didampingi istri masing-masing, dan berakhir di lapangan Tegal Ampel.

Sementara dari lapangan, bupati beserta rombongan berjalan kaki menuju Makam Ki Ronggo yang terletak di kelurahan Sekarputih kecamatan Tegalampel.

Selain Bupati Bondowoso, hadir dalam ziarah ke makam Ki Ronggo itu, Wakil Bupati KH Salwa Arifin, Ketua DPRD H Tohari S.Ag, Plt Sekda Karna Suswandi, Kapolres, Dandim 0822, Forpimda, para kepala dinas, camat dan peserta pawai. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration