Kamis, 20 September 2018
Peristiwa - Daerah

Hormati Jasa RBA Ki Ronggo dengan Arebbe dan Tasyakuran

Hormati Jasa RBA Ki Ronggo dengan Arebbe dan Tasyakuran Bupati Bondowoso Amin Said Husni saat sambutan acara tasyakuran Harjabo yang ke 199. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Senin, 09 Juli 2018 - 07:39

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur menggelar acara arebbe dan tasyakuran sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa Raden Bagus Asra (RBA) Ki Ronggo, pembabat kota Bondowoso, Minggu (8/7/2018).

Arebbe dan tasyakuran merupakan kegiatan keagamaan, yang di dalamnya diisi dengan pembacaan dzikir, dan mendoakan orang yang sudah wafat.

Hadir dalam acara itu, Bupati Bondowoso, Drs H Amin Said Husni, wakil bupati yang sekarang terpilih jadi bupati, KH Salwa Arifin, ketua DPRD H Tohari S.Ag, rois syuriah PC NU KH Asy’ari Pasha, Dandim 0822, Danyon 514 Raider, forpimda dan para tokoh agama yang lain.

Dalam sambutannya, bupati mengatakan, bahwa kegitan yang dilaksanakan di kompleks astah Ki Ronggo tersebut, merupakan bentuk rasa terimakasih kepada pahlawan yang telah membabat, dan berjuang mempertahankan Bondowoso.

arabbe.jpg

Menurutnya, selain  dalam rangka Harjabo ke 199, acara itu merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah, karena masyarakat Bondowoso telah berhasil melaksanakan pilkada serentak 2018.

“Masyarakat telah memilih KH Salwa Arifin, sebagai Ki Ronggo baru setelah saya, semoga bupati yang baru ini, mampu menjalankan amanah, dan membawa Bondowoso ke depan semakin maju,” katanya.

Di depan sekitar seribu hadirin, bupati juga berharap, agar masyarakat, secara bersama-sama membangun Bondowoso tercinta, dan apa yang diperjuangkan Ki Ronggo terus dilanjutkan. 

Dihadiri oleh sekitar kurang lebih seribu jamaah, acara itu diawali denga tawasul dan pembacaan surat Yasin,  dilanjut degan tahlil, kemudian ditutup degan doa, yang pahalanya dipersembahkan buta para pahlawan di Bondowoso. 

Sebagai informasi, RBA Ki Ronggo yang memerintah Bondowoso pada 1819 -1830 wafat di Bondowoso pada tanggal 11 Desember 1854. RBA Ki Ronggo  dikebumikan di sebuah bukit kecil, di kelurahan Sekarputih kecamatan Tegalampel, dan sekarang sudah menjadi pemakaman keluarga Ki Ronggo. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration