Selasa, 13 November 2018
Kesehatan

Sering Melewatkan Makan Malam? Ini 3 Dampak Buruknya untuk Kesehatan

Sering Melewatkan Makan Malam? Ini 3 Dampak Buruknya untuk Kesehatan Makan malam. (FOTO: Golf 4 Good)
Minggu, 08 Juli 2018 - 02:22

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Diet sering menjadi alasan seseorang untuk tidak makan malam. Mereka menganggap makan malam akan membuat mereka mengalami kenaikan berat badan, yang artinya diet yang dijalani gagal. Namun, anggapan ini sebenarnya belum tentu benar. Bahkan, selalu melewatkan makan malam bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Menurut pakar kesehatan, makan malam memiliki pengaruh besar bagi kesehatan tubuh kita. Meskipun bisa membuat berat badan berkurang, besar kemungkinan kita akan mengalami gangguan kesehatan jika sering tidak makan malam.

1. Gangguan Pencernaan
Dampak pertama yang akan kita dapatkan jika sering melewatkan waktu makan malam adalah mengalami gangguan pencernaan. Jika terlalu sering melewatkan makan malam, lambung tidak mendapatkan sumber energi yang dibutuhkan untuk menjalani proses metabolisme. Lambung yang kosong dalam waktu yang lama akan memicu kenaikan asam lambung yang tentu akan membuat perut terasa lebih perih, kembung, dan begah.

2. Gangguan Kadar Gula Darah
Dampak lain yang akan didapatkan jika kita malas makan malam adalah mengalami gangguan kadar gula darah atau glukosa. Dengan tidak melakukan makan malam, maka tubuh akan tidak mendapatkan asupan makanan apapun dalam waktu yang lama, yakni sejak terakhir kita makan, sebelum waktu tidur, dan selama kita tidur malam. Hal ini akan membuat tubuh mengalami penurunan kadar gula darah dengan drastis.

3. Tidur Tidak Nyenyak
Melewatkan waktu makan malam akan membuat kita kelaparan. Hal ini akan membuat tidur tidak nyenyak dan bahkan bisa meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi camilan tidak sehat, khususnya camilan yang manis-manis. Tak hanya bisa meningkatkan berat badan, sering mengonsumsi camilan yang manis-manis juga bisa meningkatkan risiko terkena diabetes.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak melewatkan makan malam dan waktu makan lainnya. Jika tidak ingin mengalami kenaikan berat badan, cobalah untuk makan malam di waktu yang lebih awal dan tidak mengonsumsi makanan apapun dalam jangka waktu 2 jam sebelum tidur. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration