Peristiwa Daerah

After Mining Progam Inovasi Baru Berlatih Holistik dan Kreativitas

Sabtu, 07 Juli 2018 - 17:23 | 72.28k
Sejumlah pemuda yang tergabung dalam program After Mining Inovation Camp. Sabtu (7/7/2018) (FOTO: Dok.Tim After Mining/TIMES Indonesia)
Sejumlah pemuda yang tergabung dalam program After Mining Inovation Camp. Sabtu (7/7/2018) (FOTO: Dok.Tim After Mining/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BOJONEGORO – Kompleks pertambangan minyak tradisional di sumur Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki daya tarik tersendiri bagi sekelompok pemuda. Misalnya, untuk tempat pelatihan dan sejenisnya. Seperti yang sudah dilakukan oleh sekolompok pemuda yang tergabung dalam progam After Mining Inovation Camp itu.

After Mining Inovation Camp merupakan suatu wadah atau progam yang berbasis pelatihan holistik dan pengembangan kreativitas. Dalam progam tersebut, pemuda dilatih supaya menemukan serta mampu mengembangkan potensi lokal non-tambang di komleks pertambangan itu. Pesertanya berasal dari tiga kemompok.

Zonasi satu untuk pemuda sekitar tambang, zonasi kedua adalh pemuda yang berasal dan berkarir di Bojonegoro. Kemudian zonasi ketiga merupakan pemuda asal Bojonegoro namun berkarir diluar kota.

"Dengan tiga kelompok yang berlatarbelakang berbeda inilah, kami ingin mengkolaborasikan pemikiran untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan sesuai dengan kondisi di Wonocolo," terang tim After Mining, Afrodita Indayana.

Kegiatan ini sudah berjalan sejak Juni 2018. Pernah digelar dalam tiga kali perkemahan (camp). Dalam Camp sendiri peserta dituntut mengikuti seleksi yang ketat dan dihadapkan berbagai materi, diantaranya seputar tentang wisata, lingkungan hingga pengelolaan bisnis.

Radinal, Salah satu anggota dari Bojonegoro Creative Network, setelah selesai mengikuti camp pertama pada Juni lalu, dirinya mengaku banyak mendapat ilmu dari progam ini.

"Dalam After Mining banyak ilmu baru. Seperti model bisnis dengan metode kanvas yang bisa memetakan dan memecahkan masalah. Selain itu, konsepnya adalah mengkolaborasikan antara community, government, media hingga akademisi sehingga banyak sekali pengalaman yang didapat," ujar Radinal

Melalui Inovation Camp, After Mining bersama dengan pemerintah daerah Bojonegoro akan mengajak pemuda lokal untuk mengembangkan secara langsung desa wisata tambang dengan tajuk Geopetroleum Heritage di salah satu tambang minyak tertua di Indonesia, yaitu Teksas Wonocolo.

After Mining Innovation Camp 2018 dilaksanakan dalam beberapa rangkaian program di bulan Juni-Desember 2018, dengan tiga kamp utama pada tanggal 1-3 Juni 2018, 16-19 Agustus 2018 serta 22-23 September 2018. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES