Peristiwa - Internasional

Peminat Sekolah Islam di Amerika Serikat Terus Bertumbuh, ini Alasannya

Peminat Sekolah Islam di Amerika Serikat Terus Bertumbuh, ini Alasannya Sekolah Islam di Amerika Serikat (FOTO: akuislam.id)
Sabtu, 07 Juli 2018 - 15:52

TIMESINDONESIA, SAN FRANSISCO – Sentimen anti Islam yang menyelimuti Amerika Serikat tak membuat agama ini meredup. Namun justru membuat sekolah Islam tumbuh pesat di sana. Banyak orang tua muslim Amerika lebih memilih sekolah berbasis agama Islam untuk pendidikan anak-anak mereka.

Fatima Bailey, mantan guru sekolah Islam dan konsultan pendidikan di San Francisco membenarkan hal itu. Ia mepaparkan alasan para orang tua muslim menyekolahkan anaknya di sekolah Islam.

"Sangat penting bagi anak-anak muslim untuk dapat pergi ke sekolah yang menegaskan siapa mereka dan memungkinkan ruang kreatif menjadi muslim yang nyaman," jelas Fatima Bailey.

Kata Fatima tren tersebut terus meningkat. Hampir ada 40.000 siswa yang terdaftar di sekitar 240-250 sekolah Islam di Amerika Serikat. "Ini artinya ada peningkatan sebanyak 25 persen sejak tahun 2006," tambahnya.

Lebih lanjut, ia memaparkan kurikulum yang berlaku di sekolah Islam tak jauh beda dengan sekolah umum. Namun ada tambahan pelajaran bahasa Arab dan Al Quran.

"Ada pelajaran Bahasa Arab dan Al Quran juga, sedangkan bagi siswi kelas 5 ke atas kami mewajibkan untuk mengenakan jilbab," tambah Fatimah.

Sementara itu Habeed Quadri, seorang guru di Muslim Community Center Full Time School mengungkapkan jika sekolah Islam di Amerika Serikat sejatinya ingin membentuk anak (muslim) yang produktif baik dunia maupun akhirat.

"Kami ingin membekali para siswa untuk menjadi warga negara muslim yang produktif di masyarakat Amerika dan warga yang produktif di akhirat, yaitu surga," kata Habeed.

Keluarga muslim di Amerika Serikat melihat sekolah Islam sebagai tempat yang lebih aman bagi anak-anak mereka dibandingkan sekolah umum. Beberapa keluarga juga melihat sekolah-sekolah Islam lebih menguntungkan bagi anak-anak mereka untuk unggul dengan menghindari konflik antara sistem pendidikan dan ajaran Islam, seperti kelas renang mahasiswi.(*)

Jurnalis :
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : AkuIslam.id

Komentar

Registration