Kesehatan

Biasakan Anak Menggosok Gigi Malam Hari, Ini Alasannya

Sabtu, 07 Juli 2018 - 02:23 | 63.82k
Membiasakan anak menggosok gigi pada malam hari (FOTO: Sehat)
Membiasakan anak menggosok gigi pada malam hari (FOTO: Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenggosok gigi pada malam hari berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anak. Menggosok gigi pada malam hari lebih efektif daripada ketika dilakukan pada pagi hari. Namun, bukan berarti sikat gigi pada pagi hari lantas disepelekan, lho!

Berikut ini adalah tiga alasan kenapa anak harus menggosok gigi pada malam hari, seperti dilansir dari Klik Dokter.

1. Bakteri Lebih Cepat Berkembang Biak

Keadaan mulut yang kekurangan air liur seperti pada saat tidur malam hari, ketika tidak ada aktivitas membuat pH di dalam mulut bersifat asam. Hal ini mengakibatkan aktivitas kuman dan bakteri meningkat dua kali lebih cepat dibandingkan pada siang hari.

Air liur yang berfungsi sebagai self-cleansing akan berkurang. Jadi, setiap kali anak tidak menggosok gigi sebelum tidur, ini seakan memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak di mulut anak.

2. Memicu Bau Mulut

Bila anak tidak menggosok gigi pada malam hari, plak dapat menempel pada gigi dan lama-kelamaan akan menjadi keras, sehingga terbentuklah karang gigi. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya masalah bau mulut pada anak.

Itulah pentingnya menggosok gigi pada malam hari untuk kesehatan gigi anak. Ayo mulai lindungi kesehatan gigi dan mulut anak dengan membiasakan anak menggosok gigi pada malam hari sebelum tidur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES