Senin, 22 Oktober 2018
Peristiwa - Daerah

Truk Sampah Kerap Terguling di TPA, Ini yang Dilakukan DPUPR Kota Batu

Truk Sampah Kerap Terguling di TPA, Ini yang Dilakukan DPUPR Kota Batu Pekerja sedang mengerjakan perbaikan saluran air di jalan masuk menuju TPA Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. (FOTO Ferry/TIMES Indonesia)
Jum'at, 06 Juli 2018 - 23:38

TIMESINDONESIA, BATU – Truk yang mengangkut sampah terguling di jalan masuk menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung, Kecamatan Junrejo, kerap terjadi. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu bertindak agar kejadian tak terulang.

Kondisi jalan masuk menuju TPA terbesar di Kota Batu ini menikung dan menanjak. Sebagian jalan kondisinya rusak dan berlubang.

Pekerja-sedang-mengerjakan-perbaikan-saluran-air-A.jpg

Lebar badan jalan yang relatif kecil, menyulitkan arus kendaraan dua arah, apalagi truk sampah. Saat hujan, aliran air meluncur deras hingga meluber ke jalan raya.

Sementara, aktivitas rutin truk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu membawa sampah untuk dibuang dan diolah di TPA Tlekung.

Beberapa kali truk terguling saat mengangkut sampah warga dan pengunjung di Kota Batu. Catatan yang ada, sudah dua kali, April dan Mei lalu kejadian truk terguling.

Mendapat laporan juga pemberitaan media, DPUPR Kota Batu bertindak. Petugas melakukan pengecekan lapangan. Pasca lebaran, Bidang Bina Marga DPUPR berupaya dengan meningkatkan kualitas jalan dan  perbaikan saluran air.

"Kami memprioritaskan, karena itu jalan satu satunya menuju TPA Tlekung," ujar Alfi Nur Hidayat, Kabid Bina Marga DPUPR Kota Batu, Jumat (6/7/2018).

Pengerjaan untuk perbaikan saluran air sudah berjalan sejak tiga hari lalu. Tujuannya agar aliran air melaju mengikuti jalur, tidak sampai meluber ke jalan. 

Perbaikan drainase ditargetkan selesai dalam sebulan. Kemudian, dilakukan peningkatan kualitas jalan dengan pengaspalan. Harapannya, tak ada lagi kejadian truk sampah terguling. Arus pengangkutan sampah di Kota Batu lancar. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration