Kesehatan

Jangan Sepelekan Gangguan Tidur yang Anda Alami, Yuk Atasi dengan 3 Cara Ini

Jangan Sepelekan Gangguan Tidur yang Anda Alami, Yuk Atasi dengan 3 Cara Ini ILUSTRASI. (FOTO: youthmanual)
Sabtu, 12 Mei 2018 - 04:39

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tidur yang berkualitas sangat penting, karena dengan tidur organ-organ tubuh juga bisa istirahat. Namun, ada beberapa kendala yang menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk beristirahat, misalnya karena depresi atau stres. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segers atasi masalah ini. Berikut adalah 3 tips yang dipercaya bisa mengatasi masalah tidur akibat stres, dilansir dari Dokter Sehat.

1. Mandi
Sepulang kerja, usahakan untuk mandi, walau hanya sebentar. Jika bisa, mandi menggunakan air hangat. Sebab mandi akan membuat tubuh Anda menjadi rileks yang bisa melepas hormon oksitosin. Selain itu, mandi juga bisa memperbaiki suhu tubuh sehingga Anda menjadi lebih mudah tertidur.

2. Membaca dan Menulis
Kedua cara ini dipercaya bisa merangsang otak menjadi lebih rileks dan bisa tidur dengan nyenyak. Jika Anda tidak suka membaca, maka cobalah untuk menulis, baik menulis cerita, menulis puisi, ataupun menulis diary. Dengan mood baik yang tercipta, dipastikan membuat rasa kantuk cepat datang.

3. Meditasi
Ketika stres datang, yang harus Anda lakukan adalah menenangkan pikiran. Salah satu caranya adalah dengan meditasi. Lakukanlah meditasi setidaknya 10 sampai 15 menit sebelum tidur. Pusatkan dan fokuskan pikiran Anda dan buang semua keluh kesah yang ada dipikiran Anda. Setelah mood mulai membaik, maka Anda akan merasakan kantuk dan akhirnya bisa tertidur dengan pulas.

Jangan pernah mengabaikan gangguan tidur agar kesehatan Anda tak menjadi taruhannya. Ada banyak cara*mengatasi masalah tidur*, 3 diantaranya adalah aktivitas di atas. Yuk, mulai sekarang biasakan Anda memiliki tidur yang berkualitas. (*)

Jurnalis : Deasy Mayasari
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration