Glutera News

Seberapa Penting Kalsium untuk Tubuh?

Jumat, 06 Juli 2018 - 13:35 | 75.76k
Image: Glutera
Image: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTAKalsium merupakan kebutuhan penting bagi tubuh setiap orang. Seberapa penting kalsium untuk tubuh? Berikut ulasan medis pentingnya kalsium untuk tubuh Anda.

Kalsium merupakan mikronutrien yang penting untuk tubuh kita, terutama untuk kesehatan tulang. Kalsium terbaik didapatkan dari makanan. Namun, jika 
Anda tidak terlalu yakin dengan jumlah asupan kalsium yang berasal dari makanan yang Anda konsumsi, Anda dapat memperoleh kalsium tersebut dari suplemen kalsium.

Tubuh kita tidak dapat memproduksi kalsium. Oleh karena itu, Anda dapat memperoleh kalsium tersebut dari sumber makanan, seperti sayuran berwarna hijau tua, ikan ataupun suplemen kalsium.

Asupan kalsium yang lebih tinggi sangatlah dibutuhkan, terutama pada masa kanak-kanak, wanita yang sedang hamil ataupun menyusui.

Selain untuk tulang, kalsium juga diperlukan untuk metabolisme tubuh, kerja jantung, pergerakan otot dan saraf yang ada di dalam tubuh kita. Kalsium juga dapat mencegah atau mengontrol tekanan darah tinggi, menyeimbangkan tingkat keasaman darah, serta menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Setelah usia 20 tahun, tubuh manusia akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1 persen per tahun. Dan setelah umur 50 tahun, jumlah kandungan kalsium dalam tubuh akan menyusut sebanyak 30 persen. Ketika usia mencapai 70 tahun, kehilangan kalsium akan mencapai 50 persen. Begitu juga seterusnya, tubuh manusia akan terus-menerus kehilangan kalsium.

Jika kita tidak mendapatkan jumlah kalsium yang cukup, maka dapat terjadi osteoporosis di kemudian hari. Hal tersebut disebabkan karena jumlah kalsium yang kurang dapat menyebabkan penurunan masa tulang. Selain itu, apabila kekurangan kalsium terjadi pada anak-anak maka anak yang kekurangan kalsium tersebut tidak akan mencapai tinggi potensialnya.

Itulah pentingnya kalsium untuk tubuh Anda. Untuk dapat menyerap kalsium, tubuh Anda memerlukan vitamin D. Sebagian kecil vitamin D dapat ditemukan pada ikan salmon dan kuning telur, namun sumber terbesar vitamin D berasal dari paparan sinar matahari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES