Rabu, 19 September 2018
Kesehatan

Tidur Siang Bikin Tubuh Gemuk, Benarkah?

Tidur Siang Bikin Tubuh Gemuk, Benarkah? Tidur siang. (FOTO: Istimewa)
Jum'at, 06 Juli 2018 - 04:33

TIMESINDONESIA, JAKARTATidur siang sering dikaitkan bikin tubuh menjadi gemuk. Hal ini tak sepenuhnya benar. Jika Anda tidur siang setelah makan siang, bisa jadi kebiasaan tidur siang bikin gemuk.

Dilansir dari Hello Sehat, seorang ahli gizi asal Sydney, Robbie Clark mengatakan, ada beberapa hal yang memicu rasa ngantuk di siang hari, dan alasan paling utamanya yakni makan siang. Sebab, setelah makan siang, tubuh sedang bekerja untuk memecah makanan menjadi energi. Tanpa sadar hal tersebut juga memicu berbagai respon dalam tubuh. Salah satunya rasa ngantuk.

Bila setelah makan siang Anda tidur, maka otomatis akan mempermudah penumpukan lemak yang akhirnya membuat Anda gemuk.

Selain kebiasaan langsung tidir setelah makan, penyebab yang paling mendasar adalah karena energi yang masuk dari kalori dan energi yang keluar lewat aktivitas fisik tidak seimbang. Dengan kata lain, ketika Anda makan terlalu banyak, tapi tidak diimbangi dengan melakukan aktivitas yang sepadan, maka masih tersisa sejumlah kalori di dalam tubuh. Nah, kalori yang tertimbun sia-sia ini, pada akhirnya akan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh.

Intinya, penyataan kalau tidur siang bikin gemuk itu hanyalah mitos belaka. Yang terpenting, sesuaikan porsi makanan yang masuk dengan aktivitas harian Anda. Jangan sampai terlalu berlebih atau malah kekurangan demi kesehatan tubuh. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration