Kesehatan

Waspada! Ini Dampak Buruk Teh Jahe untuk Kesehatan

Waspada! Ini Dampak Buruk Teh Jahe untuk Kesehatan Minum teh. (FOTO: Tempo)
Jum'at, 11 Mei 2018 - 01:33

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menikmati teh jahe hangat memang nikmat, terlebih saat cuaca dingin. Banyak orang yang menganggap minuman ini cocok untuk dikonsumsi saat kita sedang terkena flu. Meski demikian, bukan berarti teh jahe tidak memiliki efek samping. Apa saja dampak buruk teh jahe? Berikut ulasannya dilansir dari Dokter Sehat.

Jahe dapat membuat kadar keasaman tubuh meningkat. Tak hanya itu, kemampuan teh jahe dalam menurunkan tekanan darah juga bisa memberikan efek buruk bagi penderita masalah tekanan darah rendah.

Banyak orang yang mengonsumsi teh jahe dengan cara yang tidak tepat, khususnya dalam hal menambahkan gula dalam jumlah yang berlebihan. Jika hal ini kerap dilakukan, maka risiko untuk terkena diabetes pun meningkat.

Teh jahe juga memiliki sifat panas atau pedas. Meskipun bisa membuat tubuh menjadi lebih hangat, hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi saluran pencernaan jika dikonsumsi saat perut masih dalam kondisi kosong. Beberapa dampak tersebut adalah perut mulas atau sensasi tidak nyaman pada perut karena naiknya asam lambung.

Pakar kesehatan juga sangat tidak menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi teh jahe karena dikhawatirkan bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan janin di dalam kandungan atau memicu kontraksi pada perut.

Itulah beberapa dampak buruk teh jahe. Sebaiknya, konsumsilah teh jahe secukupnya saja agar kita bisa mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan secara maksimal. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration