Peristiwa Internasional

Prajurit Korps Marinir TNI AL Berbagi Ilmu Patroli Tempur dan Jungle Survivor

Kamis, 05 Juli 2018 - 16:06 | 204.63k
Prajurit Korps Marinir TNI AL berbagi ilmu patroli tempur dan jungle survival di Marine Corps Base Hawaii (MCBH), Amerika Serikat, Selasa (03/07/2018). (FOTO: DISPEN KORMAR /Serka Mar Kuwadi)
Prajurit Korps Marinir TNI AL berbagi ilmu patroli tempur dan jungle survival di Marine Corps Base Hawaii (MCBH), Amerika Serikat, Selasa (03/07/2018). (FOTO: DISPEN KORMAR /Serka Mar Kuwadi)

TIMESINDONESIA, HAWAIIPrajurit Korps Marinir TNI AL yang tergabung dalam Satgas Latma Multilateral Rim Of The Pacific (Rimpac2018 berbagi ilmu patroli tempur dan jungle survival di Marine Corps Base Hawaii (MCBH), Amerika Serikat pada Selasa (03/07/2018) lalu.

Kegiatan yang dipimpin langsung Komandan Kompi Pasrat Mayor Marinir Afrison Taufik tersebut diikuti prajurit Marinir TNI AL dan dari negara peserta Rimpac 2018 yaitu Malaysia, Sri Lanka dan tuan rumah Marinir Amerika.

Materi pertama yaitu patroli tempur yang disampaikan oleh Mayor Marinir Afrison Taufik meliputi teori dan diperagakan oleh prajurit Marinir TNI AL. Usai pemberian materi secara teori, kemudian dilanjutkan dengan praktek patroli tempur secara gabungan yaitu dari prajurit Marinir TNI AL dan Marinir Amerika di Marine Corps Base Hawaii.

TNI-AL.jpg

Setelah pelaksanaan patroli tempur, Mayor Marinir Afrison Taufik beserta prajurit Marinir TNI AL memberikan materi tentang tata cara bertahan hidup di hutan (jungle survival) dengan memperkenalkan berbagai jenis tanaman hutan yang bisa dimakan secara langsung (tanpa harus dimasak terlebih dulu) dan yang tidak bisa dimakan serta cara mendapatkan sumber air dari tumbuhan.

Prajurit Marinir Amerika, Sri Lanka dan Malaysia cukup antusias dalam mengikuti materi latihan yang diberikan para prajurit Korps Marinir TNI AL tersebut. Meski mulanya terlihat agak ragu, namun prajurit peserta latihan terutama prajurit Marinir Amerika mencoba menyicipi sejumlah makanan botani yang telah dicontohkan terlebih dulu oleh prajurit Marinir Indonesia.

Sementara itu Komandan Satgas Rimpac Mayor Marinir Aristoyuda mengatakan, patroli tempur dan jungle survival merupakan salah satu materi yang dilatihkan prajurit Korps Marinir TNI AL dalam Latma Rimpac 2018.

Marinir-TNI-AL.jpg

Selain materi tersebut, lanjutnya, prajurit Marinir TNI AL bersama-sama dengan prajurit Marinir dari beberapa negara juga melaksanakan latihan helly water jumpMilitary Operation Urban Terain (MOUT) dan beberapa materi lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan mempererat hubungan Marinir di kawasan Asia - Pasifik.

“Dalam Rimpac 2018, selain melibatkan tuan rumah prajurit Marinir Amerika Serikat (USMC) dan prajurit Korps Marinir TNI AL, juga diikuti oleh pasukan pendarat dari Malaysia, Philipina, Korea Selatan, Jepang, India, Srilanka, Australia, Selandia Baru, Vietnam, Tonga dan Chili,” jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES