Peristiwa - Internasional

Pertama Dalam Sejarah Malaysia, Koalisi Oposisi Pimpin Malaysia

Pertama Dalam Sejarah Malaysia, Koalisi Oposisi Pimpin Malaysia Dua Tokoh Kunci Kemenangan Oposisi Malaysia, Mahathir Muhammad dan Anwar Ibrahim (FOTO: Istimewa)
Kamis, 10 Mei 2018 - 09:09

TIMESINDONESIA, MALAYSIAOposisi (Koalisi Pakatan Harapan) dan Partai Islam Se-Malasyia (PAS) cetak sejarah dengan memenangi Pemilu Malaysia dengan mengalahkan Koalisi Barisan Nasional

Dengan begitu Mahathir Muhammad kembali jabat Perdana Menteri bersama Wan Azizah Istri Anwar Ibrahim sebagai Wakil.

Koalisi Barisan Nasional (BN) yang kini berkuasa, terdiri atas 13 partai dengan didominasi oleh United Malaysia National Organisation (UMNO) yang dipimpin PM Najib Razak. BN berhadapan dengan koalisi oposisi Pakatan Harapan dan Parti Islam se-Malaysia (PAS). 

Pakatan Harapan terdiri atas empat partai oposisi, yakni Partai Tindakan Demokratik (DAP), Partai Keadilan Rakyat (PKR) yang dipimpin Anwar Ibrahim, Partai Amanah Negara (PAN) dan Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM) yang dipimpin Mahathir Mohamad. 

Koalisi ini dibentuk 22 September 2015 lalu dengan Mahathir sebagai ketuanya. Koalisi ini sepakat memilih Mahathir sebagai calon PM dan Wan Azizah, istri Anwar, sebagai calon Wakil PM.

Dilansir dari Antara,  Koalisi oposisi Pakatan Harapan menyatakan telah memenangkan kursi yang cukup dalam Pemilihan Umum ke-14 untuk membentuk pemerintah federal Malaysia.

Ketua Pakatan Harapan, Mahathir Mohamad di Kuala Lumpur, Kamis (9/5/2018), pukul 02.45 mengatakan koalisi telah dihubungi oleh Istana yang mengatakan akan mengakui hasil menunggu pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum.

Jurnalis : Fathur Rochman
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration