Ekonomi Liputan6.com

Begini Cara Membangun Startup Tanpa Kehilangan Kebebasan

Begini Cara Membangun Startup Tanpa Kehilangan Kebebasan Ilustrasi meeting startup generasi milenial (FOTO: iStockphoto)
Kamis, 05 Juli 2018 - 02:26

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat menanamkan modal atau membuka bisnis, para investor atau pendiri perusahaan tak cuma menaruh uang, lalu pergi begitu saja. Tak sekadar duduk manis di sudut ruangan sambil menanti kedatangan laporan terkait pundi-pundi. Lebih dari itu, mereka ingin menanamkan nilai-nilai yang nantinya menjadi visi perusahaan.

Mencari usaha rintisan atau startup sebagai tempat untuk bekerja itu mudah. Yang agak susah adalah menemukan investor dan pendiri yang satu visi dengan kita.

Apalagi, perjalanan untuk mendirikan startup itu tak selalu mulus. Ada kalanya pimpinan suatu startup terbentur oleh kepentingan investor.

Kerap pula terjadi seorang pendiri startup harus tersingkir dari perusahaan yang telah didirikannya. Tak hanya dipaksa mundur dari perannya sebagai CEO, ia juga nihil pilihan, selain menyerahkan beberapa saham yang dimiliki.

Mimpi untuk membangun cinta pelanggan terhadap produk telah berangsur-angsur berubah menjadi membangun apa yang diinginkan investor.

Itulah mengapa saat beralih ke industri apa pun, Anda akan menemukan bukti pendanaan secara mandiri itu tidak hanya baik, tetapi sangat menguntungkan.

Jurnalis : Fitriana Monica Sari
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Liputan6

Komentar

Registration