Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[HOAKS] Beredar Kabar Kiai Abd Rohman Qomari Wafat

Rabu, 04 Juli 2018 - 18:10 | 293.72k
KH Abd Rohman Qomari santai di teras rumah, kompleks PP Darul Falah Blimbing Malang, bersama salah satu santrinya. (FOTO: Istimewa)
KH Abd Rohman Qomari santai di teras rumah, kompleks PP Darul Falah Blimbing Malang, bersama salah satu santrinya. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Warga Malang Raya sejak siang hingga sore ini, Rabu (4/7/2018) dihebohkan dengan WA berantai. Isinya berupa kabar duka meninggalnya pengasuh PP Darul Falah Blimbing Kota Malang, Jatim Kabar itu menjadi viral di medsos dan grup WA.

Assalamualaikum wr.wb.
BERITA DUKA
اِنَّالِلّهِ وَاِنَّااِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ
Telah meninggal dunia guru kita Romo Yai Abd. Rohman pengasuh PP DARUL FALAH Kenongo, Blimbing, Malang.
Semoga diberi ketabahan bagi keluarga yang ditinggaalkan.
أمين

Sontak saja, pesan berantai itu membuat heboh warga Malang Raya. Termasuk jamaah dan alumni pesantren terkemuka di Kota Malang ini.

Untuk diketahui, PP Darul Falah Blimbing Kota Malang setiap hari Minggu pagi menggelar pengajian umum. Pengajian ini dihadiri puluhan ribu jamaah dari Malang Raya dan kota-kota di Jatim. Pengajian ini diasuh langsung oleh KH Abd Rohman Qomari.

Akibat pesan berantai itu, sejak siang tadi puluhan orang mendatangi pesantren tersebut. Mereka klarifikasi terkait informasi yang beredar.

PCNU Kota Malang sendiri langsung melakukan pengecekan ke pesantren. "Alhamdulillah beliau sehat wa afiat. Pengurus PCNU dan pengurus MWC NU Blimbing sudah bertemu kiai. Beliau sehat. Bahkan saat pengurus NU datang, kiai sedang santai di teras rumah beliau," ujar Sekretaris PCNU Kota Malang Asif Budairi.

Setelah crosscheck itu, PCNU membuat pengumuman terbuka. 

Kabar Hoax KH Abd Rohman Qomari Wafat

_Sehubungan beredarnya kabar bahwa KH Abd Rohman Qomari, pengasuh PP Darul Falah Jl Teluk Grajakan Blimbing Kota Malang, meninggal, PCNU Kota Malang memastika  kabar tersebut palsu alias hoax. Pengurus PCNU dan MWC Blimbing telah bertemu Kiai dan beliau dalam keadaan sehat wal afiat. 
Demikian informasi ini disampaikan pada nahdliyin dan masyarakat pada umumnya._

Malang, 4 Juli 2018

Ttd
PCNU Kota Malang

"Pengumuman ini kami sampaikan agar masyarakat tidak resah dengan kabar bohong yang beredar," ucap Asif. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES