Peristiwa - Internasional

Donald Trump: AS Menarik Diri dari Kesepakatan Nuklir Iran

Donald Trump: AS Menarik Diri dari Kesepakatan Nuklir Iran Presiden AS Donald Trump. (FOTO: Qerja)
Rabu, 09 Mei 2018 - 08:49

TIMESINDONESIA, ASPresiden Donald Trump memutuskan untuk keluar dari kesepakatan nuklir Iran yang sebelumnya telah disepakati bersama antara Iran dan enam negara yakni AS, Rusia, Inggris, Prancis, Jerman dan China pada 2015 lalu.

Meski Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) pada Oktober 2017 telah menyatakan bahwa Iran telah mematuhi kesepakatan tersebut, namun Trump menilai kesepakatan itu gagal mencegah Iran untuk terus mengembangkan senjara nuklir atau mendukung terorisme di kawasan.

Keputusan tersebut disiarkan di beberapa televisi nasional di AS pada Selasa (8/5/2018) waktu setempat.

Menyusul keputusan tersebut, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pihaknya akan segera menghubungi beberapa sekutu AS untuk menemukan upaya bersama untuk menghadapi Iran.

"Upaya kita lebih luas dari sekedar ancaman nuklir dan kita akan bekerja sama dengan mitra-mitra kita untuk melenyapkan ancaman program peluru kendali balistik Iran; menghentikan kegiatan terorismenya di seluruh dunia; dan menghadang kegiatan-kegiatannya yang bermuatan ancaman di seluruh Timur Tengah dan di luar kawasan," katanya.

Menlu AS juga menyebut, sejumlah sanksi ekonomi dan diplomatik akan kembali diterapkan kepada Iran atas gagalnya kesepakatan nuklir Iran tersebut. (*)

Jurnalis :
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration