Rabu, 19 September 2018
Kesehatan

Meski Sederhana, Jalan Kaki Selama 30 Menit Memiliki Banyak Manfaat

Meski Sederhana, Jalan Kaki Selama 30 Menit Memiliki Banyak Manfaat ILUSTRASI: Jalan Kaki. (FOTO: Netralnews)
Rabu, 04 Juli 2018 - 07:17

TIMESINDONESIA, JAKARTAJalan kaki bisa dikategorikan sebagai olahraga ringan. Meski terkesan tidak ada yang istimewa, ternyata jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit Anda bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Dilansir dari Hello Sehat, berikut manfaat jalan kaki 30 menit sehari yang bisa Anda peroleh.

1. Mengurangi Gejala Varises

Seiring bertambahnya usia, varises  sangat mungkin terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh adanya pembengkakan pembuluh darah vena yang biasanya terjadi di sekitar betis dan kaki.

Jalan kaki setidaknya 30 menit bisa mengurangi pembengkakan yang terjadi, sehingga tidak terlihat lagi pembuluh darah vena yang menonjol dan terlihat di area betis.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

The American Diabetes Association menyatakan berjalan kaki mampu menurunkan kadar gula darah dan risiko terkena penyakit diabetes. Selain itu, peneliti di University of Boulder Colorado dan University of Tennessee menemukan fakta bahwa berjalan kaki rutin setiap hari bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke sebesar 20 hingga 40 persen.

Bahkan penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine tahun 2002 menemukan fakta bahwa orang yang berjalan 30 menit per hari atau melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama lima hari setiap minggunya memiliki risiko penyakit kardiovaskular 30 persen lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak.

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration