Peristiwa

27 Juli Gerhana Bulan Total Terlama Sepanjang Abad 21

Selasa, 03 Juli 2018 - 01:08 | 59.43k
Ilustrasi Gerhana. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi Gerhana. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – 27 Juli 2018 mendatang diperkirakan akan terjadi gerhana bulan total. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyebut jika gerhana bulan total tersebut akan menjadi yang terlama durasinya.

Pada gerhana bulan total pada 27 Juli nanti akan berlangsung selama satu jam 43 menit. Sementara, pada gerhana bulan total pada Januari lalu terjadi 1 jam 16 menit. Gerhana bulan total ini merupakan durasi terlama sepanjang abad 21.

Mengapa bisa? Dilansir dari Space, Senin (2/7/2018) Noah Petro, seorang ilmuwan Bulan dari Goddard Space Flight Center yang berbasis di Maryland, Amerika Serikat, menjelaskan durasi gerhana bulan total tersebut dipengaruhi dari posisi Bulan.

"Apa yang mengontrol durasi gerhana bulan adalah posisi bulan saat melewati bayangan Bumi," terang Petro.

Petro mengatakan, bagian paling gelap dari bayangan bumi disebut dengan umbra, maka bayangkan umbra sebagai kerucut yang memanjang dari bumi ke arah berlawanan dengan Matahari.

"Bulan bisa merambat melalui kerucut atau menembus tengah. Itu (di tengah) mendapat gerhana berdurasi lebih panjang. Kali ini, Bulan semakin dekat ke pusat kerucut itu dan karenanya sedikit lebih panjang dari gerhananya yang kita alami pada bulan Januari," jelasnya.

Penampakan gerhana bulan total 27 Juli mendatang dapat dilihat oleh warga yang berada di wilayah Australia, sebagian Eropa, dan Asia.  

NASA juga menambahkan gerhana bulan total berikutnya akan terjadi kembali pada 21 Januari 2019 dengan durasi selama satu jam dua menit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES