Wisata

Penasaran Salju Panas, Tiga Turis Kanada Kunjungi Wisata Setigi Gresik

Senin, 02 Juli 2018 - 16:54 | 243.26k
Tiga wisatawan mancanegara asal Kanada sedang mengunjungi Wisata Setigi di Kabupaten Gresik (FOTO : Akmal/TIMES Indonesia)
Tiga wisatawan mancanegara asal Kanada sedang mengunjungi Wisata Setigi di Kabupaten Gresik (FOTO : Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Kendati baru saja diresmikan beberapa bulan yang lalu, Wisata Selo, Tirto, Giri (Setigi) yang berada di Bukit Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, sudah ramai dikunjungi wisawatan lokal dan mancanegara.

Seperti saat tiga wisatawan perempuan asal Kanada yang Senin (2/7/2018) mengunjungi Wisata Setigi. Mereka takjub dengan keindahan alam yang asri di kompleks wisata tersebut.

Di lokasi wisata ini, wisatawan tersebut melihat banyaknya sisa eksplorasi batu kapur yang menakjubkan. Mereka menghabiskan waktu untuk berfoto dengan latar belakang bukit kapur.

Wisata-Setigi-B.jpg

Mereka juga menghabiskan waktu untuk mengelilingi lokasi wisata. Bahkan, mereka juga melihat beberapa gua yang berada di kompleks wisata. 

Adanya lokasi spot foto buatan juga dimanfaatkan oleh ketiga wisatawan mancanegara untuk dijadikan latar untuk swafoto.

Menurut pengakuan sopir yang mengantar tiga wisatawan tersebut kepada Kepala Desa (Kades) Sekapuk, Abdul Halim, ketiga wisatawan mancanegara itu sengaja ke Wisata Setigi karena penasaran dengan batu kapur yang mirip seperti salju.

"Katanya ingin melihat batu putih (Kapur), mirip salju tapi hawanya panas. Tiba dari Bandar Juanda, Surabaya, lalu tujuannya memang ke Wisata Setigi Sekapuk," kata Halim, menirukan sopir taksi pengantar tiga wisatawan tersebut, Senin (2/7/2018). 

Abdul Halim bercerita, ia tak menyangka wisata yang baru di resmikan pada awal tahun itu juga diminati wisatawan mancanegara. "Mereka tahu dari media sosial, kita selalu update informasi soal Wisata Setigi," tambah dia. 

Wisata-Setigi-C.jpg

Halim membeberkan, untuk memenuhi fasilitas pendukung, dirinya tetap berupaya untuk memperbaiknya. Namun kata dia, karena wisata merupakan aset untuk menjadikan desa mandiri, ia meminta untuk pihak terkait untuk peduli. 

Dirinya berharap, adanya kunjungan wisatawan mancanegara ke Wisata Setigi tersebut menjadi bukti bahwa desa dapat mandiri mengelola wisata. 

Ia meminta Pemkab Gresik turut mempromosikan Wisata Setigi dan wisata alam desa yang sedang berkembang di kawasan Gresik utara. "Kami ingin Pemkab juga ikut membantu, agar desa yang mempunyai potensi ini dapat berkembang dan mandiri, jangan biarkan kami berlari sendiri," harap Abdul Halim, Kades Sekapuk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES