Peristiwa Daerah

Bupati Malang: Keberhasilan Organisasi Apapun Tergantung 5M

Senin, 02 Juli 2018 - 13:53 | 60.61k
Bupati Malang DR H Rendra Kresna saat menyematkan tanda peserta Diklatpim IV di Pendapa Agung Kabuoaten Malang. (FOTO: Istimewa)
Bupati Malang DR H Rendra Kresna saat menyematkan tanda peserta Diklatpim IV di Pendapa Agung Kabuoaten Malang. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Keberhasilan sebuah organisasi, tak terkecuali organisasi pemerintahan, tergantung 5M yakni Man (manusia), Machine (mesin), Money (uang atau mudal), Material (bahan baku) dan Method (metode atau prosedur).

Hal itu disampaikan Bupati Malang, H Rendra Kresna, saat membuka Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan 196 tahun 2018 di Pendapa Agung, Kabupaten Malang, Senin (2/7/2018) siang.

Menurut Rendra, betapa pentingnya peranan manusia dalam memajukan sebuah organisasi.

Diklat yang diselenggarakan oleh Badan Pendidikan dan  Pelatihan Provinsi Jatim itu diikuti oleh 40 orang peserta. Kepala Bidang Diklat Kompetensi Manajerial Badan Diklat Provinsi Jawa Timur Moch Suluh, SH, M.Si hadir mewakili Kepala Badan Diklat Provinsi Jatim.

Moch Suluh menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Bupati Malang dan seluruh jajaran yang telah memberi kepercayaan kepada Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jatim, untuk menjadi mitra dalam pengembangan kompetensi manajerial para pejabat eselon IV dari daerah Kabupaten Malang.

Sementara itu, kepada peserta Diklatpim itu, Rendra Kresna meminta mereka mampu memunculkan inovasi baru tentang sebuah metode pelayanan kepada masyarakat yang bisa direplikasi oleh pemerintah daerah Kabupaten/Kota lainnya.

"Inovasi ini hukumnya wajib dan harus diterapkan di masing-masing OPDnya. Kalau tidak. Jika tidak berinovasi makan akan tidak lulus dan mengulang diklatnya," tandasnya.

Inovasi yang dimiliki Kabupaten Malang hingga saat ini dan sudah direplikasi oleh Kabupaten dan Kota lain diantaranya Sutera  Emas dan Home Care dari Dinkes, Contra War dari Badan Keluarga Berencana, Jebol Anduk dari Dinas Dukcapil, PTST 3R dari Dinas Lingkungan Hidup dan sebagainya.

Itulah sebabnya, ia minta agar para ASN menjadi orwng yang betul-betul handal dan kehzandalan itu harus terus diasah, tidak boleh dihentikan meski sudah menyandang banyak gelar dalam keilnuan, ketrampilan dan pengetahuannya mulai jenjang S1, S2, dan S3.

"Tanpa itu, kami tidak akan bisa mengoptimalkan apa yang menjadi kemauan kami," ujarnya.

Rendra juga mengingatkan, bagi yang tidak lulus Diklatpim IV ini maka tidak akan mungkin menduduki jabatan eselon 3.

Demikian pula yang tidak lulus dan beesertifikat Diklatpim III, jangan berharap bisa menjadi pejabat di eselon 2. "Semua itu berkaitan," paparnya.

Karena itulah Bupati Malang menegaskan keberhasilan sebuah organisasi, tak terkecuali organisasi pemerintahan, tergantung 5M dan faktor kehandalan manusianya berada distrata paling atas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES