Ekonomi

Wajib Dicoba! 5 Usaha Sampingan dengan Modal Sedikit yang Tren di Kaum Muda

Senin, 02 Juli 2018 - 12:12 | 124.63k
Ingin Membangun Bisnis tapi Masih Bingung Mulai dari Mana? Yuk, Coba Lima Tips Ini!
Ingin Membangun Bisnis tapi Masih Bingung Mulai dari Mana? Yuk, Coba Lima Tips Ini!

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kini, profesi pengusaha semakin banyak diminati orang, tak terkecuali dengan para anak muda sekalipun. Telah banyak pengusaha yang kini berhasil menuai sukses dari hasil kerja kerasnya.

Salah satunya ialah Reza Nurhilman. Anak muda berusia 23 tahun ini, sukses dengan bisnis Keripik Maicihnya. Bahkan bisa dibilang, ia memulai usahanya dengan modal yang tidak terlalu besar. Awalnya, Reza berjualan melalui online. Tak berselang lama, ia sukses menjaring agen dari berbagai daerah.

Kisah Reza dan banyak pengusaha sukses muda lainnya tentu menginspirasi banyak orang. Seiring masifnya penggunaan internet, pertumbuhan entrepeneur muda juga semakin pesat. Meski, tak sedikit dari mereka yang memilih menjadikan bisnis hanya sebatas sampingan.

Mengutip laman Brilio.net, berikut lima usaha sampingan anak muda populer dengan sedikit modal dan bahkan ada yang tanpa modal, lo. Berikut uraiannya:

1. Menjual pernak-pernik kerajinan tangan

Biasanya, banyak anak muda yang menyukai kerajinan tangan dan memilih memaksimalkan potensinya untuk menghasilkan profit. Jenis-jenis produknya seperti gelang, tas, hingga kalung.

Banyak di antara mereka yang masih kuliah dan seringkali mengikuti pameran kerajinan tangan, hingga tak sedikit yang memilih berjualan secara online melalui jejaring sosial.

2. Membuka warung kopi

Kerja-Online-2.jpgIlustrasi pengusaha muda (iStock)

Tren tempat nongkrong plus menikmati kopi di kalangan anak muda sedang naik daun. Tak sedikit dari mahasiswa yang membuka kedai kecil-kecilan di tengah sibuknya jadwal kuliah.

3. Menjajakan camilan ringan

Seperti halnya Reza, kini banyak anak muda yang memilih berjualan camilan. Seperti gorengan dan singkong rebus misalnya.

4. Berjualan minuman segar

Kerja-Online-3.jpgTernyata bisnis kuliner musiman juga bisa diandalkan karena sudah punya penggemar setianya.

Lebih elegan dan santai, beberapa anak muda menggeluti usaha kedai minuman segar dengan gerobak, dan lokasinya biasanya di sekitar toko ritel.

5. Berjualan pakaian baru atau bekas 'branded' melalui Instagram

Nah, kemudahan berbisnis dinikmati generasi milenial dengan mudahnya menggunakan internet. Hanya berbekal jejaring sosial, keuntungan bisa diraup.

Uniknya, tak sedikit yang memilih menjadi dropshiper penjual pakaian dengan tanpa modal dan hanya berbekal smartphone dan kuota data internet. (*)

Baca berita menarik lainnya di liputan6.com di sini

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Liputan6

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES