Selasa, 13 November 2018
Gaya Hidup

Perdebatan Talenan Kayu vs Plastik, ini Jawabannya

Perdebatan Talenan Kayu vs Plastik, ini Jawabannya Memotong sayur menggunakan talenan (FOTO: Shutterstock)
Jum'at, 29 Juni 2018 - 06:32

TIMESINDONESIA, JAKARTATalenan merupakan salah satu alat memasak yang penting. Memotong sayur, daging dan ikan harus menggunakan talenan.

Di pasaran ada beberapa varian talenan berdasarkan bahan dasarnya. Talenan plastik, kayu, akrilik dan kaca. Namun dua yang paling familiar digunakan adalah berbahan plastik dan kayu.

Kedua talenan tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Namun perdebatan akan dampak negatif keduanya juga telah lama diperbincangkan.

Talenan kayu dianggap lebih baik digunakan dibanding plastik. Anggapan ini berdasar pada higienitas talenan.

Orang beranggapan bahwa karena kayu memiliki permukaan yang berpori dan plastik tidak, papan plastik yang lebih tahan terhadap bakteri. Akan tetapi asumsi ini tidak memperhitungkan bekas goresan talenan plastik yang digunakan sehari-hari.

Menurut Rodale News, Dean O. Cliver, PhD dari University of California, Davis melakukan penelitian pada subjek dan menemukan bahwa talenan kayu mengandung bakteri salmonella dalam jumlah yang lebih sedikit dari talenan plastik. Pada talenan kayu, bakteri tenggelam turun di bawah permukaan talenan. Bakteri tidak berkembang biak dan akhirnya mati.

Sedangkan ahli mikrobiologi dari Food Research Institute di University of Wisconsin mendapati bahwa kayu memiliki sifat alami pembunuh bakteri, yang membuat bakteri akan mengering dan mati dalam 3 menit. 

Pada talenan plastik tak hanya akan membuat bakteri tetap hidup di permukaannya (karena sifat plastik yang keras dan tak berpori), tetapi juga menggandakan diri dalam semalam.

Sementata itu Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat berpendapat semua talenan aman untuk digunakan. Asal rajin membersihkan dengan tepat dan segera mengganti talenan yang baru jika guratan pisau sudah banyak dan dalam. 

Tipsnya setelah menggunakan talenan (baik plastik maupun kayu) segera cuci bersih dengan menggosok hingga ke bekas guratan pisau. Bilas dengan air panas dan keringkan, letakkan talenan yang telah kering dengan posisi berdiri.(*)

Jurnalis : Aminatus Sofya
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration